Anies Baswedan Enggan Komentari Keputusan Nadiem Soal Hapus UN

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 12 Desember 2019 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 11 65 2140869 anies-baswedan-enggan-komentari-keputusan-nadiem-soal-hapus-un-ITPbIgRJsL.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku tak ingin mengkomentari keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim ihwal keputusannya menghapus Ujian Nasional (UN) per tahun 2021 mendatang.

Ia menjelaskan, sebagai orang yang pernah menjabat Mendikbud, maka tak etis bila dirinya merecoki rencana program kerja Menteri Nadiem tersebut.

"Saya menghormati Menteri Pendidikan. Dan sebagai mantan Menteri Pendidikan, saya tidak ikut mengomentari. Kan etikanya begitu," ujar Anies, Rabu (11/12/2019).

Baca juga: UN Dihapus, Pengamat Pendidikan: Harusnya dari 5 Tahun yang Lalu

Diketahui sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memutuskan untuk menghapus UN. Keputusan itu merupakan bagian dari empat program pokok kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar” yang disampaikan Menteri Nadiem hari ini.

Keempat program pokok kebijakan pendidikan yang disebut “Merdeka Belajar”, itu yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional. (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

Baca juga: UN Dihapus, Proses Siswa ke PTN Akan Terganggu?

“Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arah pembelajaran ke depan yang fokus pada arahan Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Nadiem.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini