nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Kirim Wakil Pantau Sidang Dugaan Genosida Rohingya di Myanmar

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 16:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 12 18 2141154 indonesia-kirim-wakil-pantau-sidang-dugaan-genosida-rohingya-di-myanmar-gBTLFnW9LG.jpg Plt Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah. (Foto: Okezone/Rahman Asmardika)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengamati dengan seksama persidangan kasus genosida di provinsi Rakhine Myanmar yang saat ini berlangsung di Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda dan tetap berkomitmen untuk membantu proses repatriasi pengungsi Rohingya.

“Kita mengikuti dengan cermat proses public hearing yang sedang berjalan. Kita juga mengirim wakil untuk memantau jalannya hearing. Pada intinya posisi itu yang bisa kita sampaikan, ” kata Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah dalam press briefing di Kementerian Luar Negeri, Kamis (12/12/2019).

Baca juga: Rohingya Tuntut Keadilan di Mahkamah Internasional Minta Myanmar Bertanggung Jawab Atas Genosida

Baca juga: AS Berlakukan Sanksi pada Pimpinan Militer Myanmar Terkait Kekejaman Terhadap Rohingya

“Dari Indonesia sendiri, kita bersama ASEAN terus berbuat untuk proses repatriasi pengungsi asal Provinsi Rakhine yang saat ini berada di Bangladesh. Jadi kita melihat ini asalah sebuah proses yang tidak simultan tetapi berjalan sendiri-sendiri.”

Foto/Reuters

Lebih jauh lagi Teuku Faizasyah menegaskan bahwa Indonesia siap menjadi jembatan dalam proses pendekatan antara pihak-pihak terkait, terutama Myanmar, Bangladesh dan PBB.

Sampai saat ini Indonesia telah memainkan peran aktif dalam upaya penyelesaian krisis di Provinsi Rakhine, baik secara bilateral mau pun dalam konteks kerja sama ASEAN. Indonesia mendorong proses repatriasi pengungsi Rohingya dari Bangladesh berjalan dengan baik, aman, sukarela dan bermartabat.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini