nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Sulap Bukan Sihir, 7 Hewan Ini Berubah Jadi Putih saat Musim Dingin

Hairunnisa, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 07:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 12 65 2141253 bukan-sulap-bukan-sihir-7-hewan-ini-berubah-jadi-putih-saat-musim-dingin-kf9TW2wEss.jpg Hewan Berubah Warna Jadi Putih (Foto: Ist)

JAKARTA - Bagi negara yang memiliki 4 musim dalam satu tahun, musim dingin akan tiba pada bulan Desember. Hal ini membuat beberapa hewan di daerah utara atau kutub utara biasanya bulu mereka berubah menjadi putih.

Tidak seperti hewan kutub lainnya, seperti beruang dan burung hantu salju yang memang berwarna putih sepanjang tahun. Hewan-hewan ini hanya akan bewarna putih saat musim dingin tiba.

Baca Juga: Berapa Banyak Sampah di Luar Angkasa?

Para ilmuwan percaya bahwa jika hewan penghuni wilayah Arktik memiliki bulu yang bewarna putih. Faktanya sebagian besar hewan yang berada di kutub utara tidak berubah warna saat musim berganti.

Dikutip dari britannica.com, Jumat (13/12/2019), berikut ini adalah 7 hewan yang berubah menjadi putih.

 

1. Terwelu

Salah satu hewan yang memiliki nama kelinci Lepus arcticus ini termasuk salah satu hewan yang bulunya berubah menjadi putih, saat musim dingin. Perubahan warna diperkirakan berasal dari jumlah cahaya yang diterima pada siang hari atau yang disebut dengan photoperiod.

Baca Juga: Bukan Cuma Bunglon, 9 Hewan Ini Mampu Berkamuflase dan Hasilnya Bikin Takjub!

2. Musang

Musang ekor pendek atau cerpelai adalah spesies yang dikenal juga dengan bulu musim dinginnya, yang berwarna putih kecuali untuk ujung ekor tetap hitam.

Musang dari spesies yang sama hidup di iklim yang lebih selatan biasanya tidak berubah warna, meskipun kerabat mereka yang lebih utara berubah warna.

3. Rusa Kutub

Subspesies karibia asli dari Arktik, Kanada dan Greenland ini mengubah bulu mereka dari warna silver ke warna ptih pada musim dingin. Spesies yang sama yang tinggal di tempat lain tidak mengalami perubahan pada bulu mereka.

4. Lemmus

Spesies Genus Lemmus ini adalah hewan pengerat yang hidup di benua Artik. Hewan ini awalnya bewarna cokelat di musim panas, tetapi ketika masuk musim dingin ia akan berubah menjadi putih. Lemmus selama musim dingin akan mengahbiskan waktu bersembunyi di bawah salju.

5. Ptarmigan Rock

Burung yang berasal dari benua Artik ini mengubah bulu mereka dari cokelat menjadi putih. Spesies burung ini dibagi menjadi 3, yaitu Ptarmigan ekor putih (Lagopus leucura) berubah sepenuhnya putih, sedangkan ptarmigan willow (L. lagopus) dan ptarmigan batu (L. muta) mempertahankan beberapa bulu hitam di ekornya.

6. Siberian Hamsters

Bulu Hamster Siberia atau hamster Dzhungarian (Phodopus sungorus) ini akan berubah dari warna perak akan bewarna putih ketika musim dingin tiba.

 

7. Rubah Kutub Utara

Hewan yang memiliki Vulpes lagopus ini biasanya berwarna abu-abu kecoklatan di musim panas dan putih beku di musim dingin. Anehnya, populasinya yang berada di sekitar pesisir Alaska dan Kanada akan berwarna abu-abu dan bulunya hanya sedikit kering selama musim dingin berlangsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini