nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Depan Komisi X, Nadiem Klarifikasi UN Tak Dihapus tapi Diganti Formatnya

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 20:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 12 65 2141270 di-depan-komisi-x-nadiem-klarifikasi-un-tak-dihapus-tapi-diganti-formatnya-3hWPw8am8s.jpg Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan bahwa dirinya tak akan menghapus Ujian Nasional (UN). Menurutnya, ada mispersepsi sehingga yang beredar di khalayak adalah penghapusan UN.

"Tapi beberapa hal agar tidak ada mispersepsi, UN itu tidak dihapus. Mohon maaf, kata dihapus itu hanya headline di media agar diklik, karena itu yang paling laku," ujar Nadiem saat rapat dengan Komisi X DPR RI, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Baca Juga: Komisi X Minta Menteri Nadiem Kaji Komprehensif Sebelum Hapus UN

Gedung DPR

Mantan CEO Gojek itu menenkankan bahwa UN saat ini hanya diganti namanya dengan asessmen kompetensi. Namun, dia akan menghapus format per mata pelajaran yang ada dalam UN sebelumnya.

"Yang dihapus adalah format per mata pelajaran mengikuti kelengkapan silabus daripada kurikulum. Itu yang dihapus. Diganti tapi dengan Asesmen Kompetensi Minimum yaitu hampir mirip-mirip seperti PISA yaitu literasi, numerasi plus ada satu Survei Karakter," ujarnya.

Oleh sebab itu, Nadiem meminta kepada seluruh anggota Komisi X DPR yang hadir dalam rapat tidak lagi menyinggung soal UN dihapuskan. “Jadi, mohon tidak lagi bicara kepada media atau apa bahwa UN dihapus,” ujar Nadiem.

Baca Juga: Ujian Dikembalikan ke Sekolah, Nadiem: Jangan Remehkan Para Guru

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini