nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Nadiem: Guru Harus Diberikan Kebebasan Coba Hal Baru

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 21:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 12 65 2141299 menteri-nadiem-guru-harus-diberikan-kebebasan-coba-hal-baru-mns2evGRRj.jpg Mendikbud Nadiem Makarim (Foto : Okezone.com/Dede)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menegasakan tak ada salahnya apabila ada sebuah percobaan dalam merubah sistem pendidikan. Hal tersebut disampaikannya saat rapat dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (12/10/2019).

“Setiap kali saya sedih kalau mendengar reaksi bahwa percobaan itu bukan suatu hal (tidak boleh dilakukan) di pendidikan. Saya selalu mendengar itu, sering kali,” tutur Nadiem.

Menteri Nadiem rapat bersama Komisi X DPR (Foto : Okezone.com/Harits)

Menurut Nadiem, satu-satunya cara untuk mencipatakan sebuah inovasi di dalam sebuah pendidikan harus dimulai dari percobaan-percobaan kecil yang dilakukan, mulai dari lembaga pendidikan seperti sekolah.

“Saya harus bicara seperti ini sejujurnya. Inilah yang seharusnya terjadi, para guru harus diberikan kebebasan untuk mencoba hal-hal baru, dan tanpa itu kita enggak akan maju sebagai negara, itu namanya inovasi,” kata Nadiem.

Baca Juga : UN Dihapuskan, Komisi X DPR: Jangan Sampai Siswa Kita Jadi Kelinci Percobaan

Diketahui sebelumnya, saat memulai rapat Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim untuk menjelaskan mengenai Ujian Nasional (UN) yang bakal dihapuskan per tahun 2021. Dia tak mau para murid hanya menjadi sebuah kelinci percobaan.

“Kami memohon penjelasan lebih detail terkait dengan masalah ini, jangan sampai siswa kita menjadi kelinci percobaan lagi,” kata Syaiful.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini