nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Klan Arab Diduga Terlibat Pembobolan Museum Green Vault di Jerman

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 13:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 13 18 2141487 klan-arab-diduga-terlibat-pembobolan-museum-green-vault-di-jerman-EwhHQMBumw.jpg Pihak berwenang mengecek gedung Green Vault di Dresden, Jerman usai dibobol maling. (Foto/Daily Beast)

BERLIN - Para penyelidik yang melakukan investigasi terhadap pencurian perhiasan antik yang sensasional dari Museum Green Vault di Dresden, Jerman, pada bulan lalu mengarahkan penyelidikan mereka kepada klan kriminal dengan latar belakang Arab yang berbasis di Berlin. Hal itu dilaporkan sebuah surat kabar lokal pada Kamis 12 Desember 2019.

Melansir SCMP, Jumat (13/12/2019) surat kabar Berliner Morgenpost melaporkan bahwa para pencuri menggunakan alat pembuka hidrolik, mirip alat yang digunakan oleh layanan darurat dalam pencurian itu. Beberapa alat serupa dilaporkan telah hilang dari dinas pemadam kebakaran Berlin.

Selain itu, seorang anggota klan baru-baru ini diketahui dinyatakan bersalah atas tuduhan membobol sebuah perusahaan di Bavaria yang membuat perangkat tersebut.

Baca juga: Museum "Super Aman" di Jerman Dibobol, Harta Senilai Rp15,5 Triliun Digondol Maling

Baca juga: Putra Mantan Presiden Jerman Ditusuk Orang Tak Dikenal Hingga Tewas di Berlin

Menanggapi pertanyaan dari Deutsche Presse-Agentur, Juru Bicara Jaksa Penuntut Dresden Juergen Schmidt mengatakan tim investigasi melakukan kontak dengan rekan-rekannya di Berlin untuk menemukan paralel antara pencurian di Green Vault dengan pencurian koin emas 100 kg, Big Maple Leaf, dari museum Berlin pada 2017.

Setelah memecahkan jendela di Green Vault pada 25 November dini hari, dua tersangka tak dikenal menggunakan kapak untuk membuat tiga lubang di etalase di ruang permata. Set perhiasan yang menjadi sasaran mereka secara total berisi sekira 100 keping.

Green Vault menjadi rumah bagi salah satu koleksi harta tertua dan terlestarikan terbaik di Eropa. Koin emas yang dicuri di Berlin diduga telah dilebur.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini