nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penghapusan UN Dapat Restu DPR Komisi X

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 11:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 14 65 2141870 penghapusan-un-dapat-restu-dpr-komisi-x-2EJDvb3K9t.jpg Diskusi Polemik MNC Merdeka Belajar Merdeka UN! (Foto: Okezone.com/Nisa)

JAKARTA - Seluruh anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui dihapusnya Ujian Nasional (UN) pada 2021. Hal tersebut diungkapkan Anggota X DPR Putra Nababan saat Komisi X menyelenggarakan rapat bersama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Baca Juga: Sekolah Tentukan Kelayakan Kelulusan Siswa di 2021

“Ada enggak yang menentang UN harus tetap jalan? Tidak ada,” ujar Putra, dalam diskusi Polemik MNC Trijaya soal "Merdeka Belajar, Merdeka UN!", di Ibis Tamarin, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Ujian Nasional Dihapus

Putra mengatakan, penghapusan UN bukanlah hal yang baru dibicarakan. Tapi walaupun setuju untuk dihapuskan, Komisi X meminta Mendikbud menuliskan kajian secara tertulis.

Baca Juga: UN Dihapus, Konsen Menteri Nadiem Ingin Suasana Belajar Happy

"Kami setuju saja dengan penghapusan UN ini, tetapi kami ingin melihat kajian tertulisnya dulu, karena rapat kemarin hanya sebatas kajian lisan saja," ujarnya.

DPR juga ingin mengetahui soal grand design pendidikan yang dibuat Mendikbud ini tidak melenceng dengan hukum. Jika melenceng, nanti dapat menjadi polemik masyarakat.

Dia menuturkan, jika Mendikbud ingin segera merealisasikan usulannya tersebut, segeralah memberikan kajian tertulis dan grand desing kepada DPR.

Seperti yang kita ketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berencana menghapus Ujian Nasional (UN) pada 2021. Keputusannya ini diambil dari salah satu empat program pokok kebijakan pendidikan Merdeka Belajar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini