nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Nadiem Makarim Berseragam SMA, Disebut Paling Bagus oleh Jokowi

Hairunnisa, Jurnalis · Minggu 15 Desember 2019 07:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 14 65 2141951 fakta-nadiem-makarim-berseragam-sma-disebut-paling-bagus-oleh-jokowi-udBoWsgG9R.jpg Pentas Drama Hari Antikorupsi. (Foto: Okezone.com/Biro Setpres)

JAKARTA - Beberapa hari yang lalu, para menteri Kabinet Indonesia Maju mengadakan pentas drama di salah satu SMK di bilangan Jakarta Selatan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pun menjadi salah satu pemeran dengan mengenakan seragam SMA.

Hal ini sontak membuat heboh netizen. Banyak netizen yang merasa terhibur dengan drama terkait Hari Antikorupsi tersebut.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem : Kini Gelar Tak Lagi Menjamin Kompetensi

Berikut fakta menarik soal Nadiem Makarim berseragam SMA yang dirangkum oleh Okezone pada Minggu (15/12/2019):

1. Memperingati Hari Anti Korupsi

Bertepatan dengan Hari Anti Korupsi Sedunia. Para menteri Kabinet Indonesia Maju memaknainya dengan melakukan pentas drama.

Pentas Drama

Menteri tersebut di antaranya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Mereka bermain lakon yang berlatar belakang kehidupan anak SMA dengan mengangkat tema “Prestasi Tanpa Korupsi”.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem: Perubahan Dunia Semakin Rumit dan Tak Bisa Diprediksi

“Pada 9/12 peringatan anti korupsi sedunia sikap politik Presiden Jokowi tegas anti-korupsi dan mendorong penegakkan hukum anti-korupsi dari pencegahan hingga penindakan korupsi di seluruh Indonesia sebagai kepala pemerintahan maupun kepala negara,” tulis Juru Bicara Presiden Republik Indonesia (RI) Fadjroel Rachman pada akun Instagram-nya, Senin (9/12/2019).

2. Nadiem Makarim Jadi Anak SMA

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem tampil tidak biasa di Hari Anti Korupsi Sedunia di SMK 57, Jakarta. Dia memakai baju seragam putih abu-abu, persis anak Sekolah Menengah Pertama.

Tidak hanya Nadiem, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama juga ikut main drama dengan tema “Prestasi Tanpa Korupsi”. Namun dari ketiga menteri yang berpartisipasi itu ada satu yang dinilai paling bagus oleh Presiden.

3. Penampilannya Dianggap Paling Bagus oleh Presiden

Menurut Presiden, menteri yang paling bagus actingnya adalah Nadiem Makarim, yang tepat berdiri di sebelah Presiden. Menteri yang tidak mau disebut Pak Menteri itu pun langsung menahan tawa. Begitu juga dengan Erick Thohir.

"Kalau pakaian yang paling bagus, pasnya di Pak Nadiem Makarim. Eh, Mas Menteri Nadiem Makarim, karena masih keliatan anak SMA," demikian ujar Jokowi sambil senyum-senyum menjawab pertanyaan wartawan.

4. Drama ini Membuat Orang Ketawa Terpingkal-pingkal

Peristiwa lucu tidak hanya mewarnai saat wawancara. Pada saat di atas panggung juga ada kejadian unik. Di mana, Presiden Jokowi dan Menteri Erick kompak tertawa lepas saat bertemu siswa dengan nama Harley.

Pertemuan yang membuat orang tertawa terpingkal-pingkal itu bermula Harley memperkenalkan diri di hadapan Presiden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini