nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Menarik Ujian Nasional, Terakhir Tahun Depan

Hairunnisa, Jurnalis · Minggu 15 Desember 2019 09:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 14 65 2141952 fakta-menarik-ujian-nasional-terakhir-tahun-depan-esjMxakNC4.jpg Ujian Nasional Dihapus (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ujian Nasional (UN) 2020 sebentar lagi akan dilaksanakan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayan merilis aturan standar operasional prosedur dan juga kisi-sisi ujian.

Kedua hal ini pun juga ditetapkan dan juga dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pada beberapa waktu yang lalu.

Berikut ini adalah beberapa fakta terkait UN 2020 yang telah dirangkum oleh Okezone Minggu (15/12/2019).

1. Kemdikbud Tetapkan SOP Ujian Nasional 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayan merilis standar operasional prosedur Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2020. Semuanya dituangkan dalam e-Booklet yang berisi 82 halaman.

Baca Juga: Cerita 'Mistis' Soal Ujian Nasional

Arahan tersebut ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Adapun yang dibahas dalam standar operasional prosedur UN, yaitu mengenai dasar-dasar pengertian dan prosedur UN.

Ujian Nasional Dihapus

Salah satunya mengenai Ujian Nasional yang terbagi menjadi 2, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

2. Kisi-Kisi Ujian Nasional 2019/2020, Simak di Sini

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengeluarkan kisi-kisi Ujian Nasional jenjang pendidikan dasar dan menengah tahun pelajaran 2019/2020. Kisi-kisi ujian ini untuk tingkat menengah atas dengan kategori gabungan.

Baca Juga: Penghapusan UN Dapat Restu DPR Komisi X

Kategori gabungan antara lain untuk kelomopok menengah atas SMK, MAK, SMA, MA, sekolah menengah iteologi kristen, sekolah menengah Agama katholik, dan utama widya pasrama.

3. UN 2020 Jadi yang Terakhir

Secara mengejutkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menghapus Ujian Nasional (UN). Dipastikan, pelaksanaan UN tahun 2020 adalah yang terakhir.

Keputusan itu merupakan bagian dari empat program pokok kebijakan pendidikan Merdeka Belajar, sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

4. Pengganti UN

Meski UN ditiadakan, namun Menteri Nadiem akan mengganti UN tahun 2021 menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini