nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Israel Larang Warga Kristen Palestina Rayakan Natal di Yerusalem, Betlehem

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 17:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 16 18 2142554 israel-larang-warga-kristen-palestina-rayakan-natal-di-yerusalem-betlehem-n6CFTQVXI4.jpg Foto: Reuters.

TEL AVIV - Umat Kristen di Jalur Gaza tidak akan diizinkan mengunjungi kota-kota suci seperti Betlehem dan Yerusalem untuk merayakan Natal tahun ini, hal itu disampaikan pihak berwenang Israel pekan lalu.

Diwartakan Haaretz, seorang juru bicara penghubung militer Israel dengan Palestina mengatakan bahwa hanya sekira 100 orang Kristen Gaza yang akan diberikan izin untuk melakukan perjalanan ke luar negeri tetapi tidak ada yang akan diizinkan untuk pergi ke Israel dan Tepi Barat, rumah bagi banyak situs yang suci bagi umat Kristen.

Israel mengawasi dengan ketat pergerakan keluar dari Jalur Gaza, wilayah yang dikuasai Hamas.

Juru bicara itu mengatakan bahwa menyusul dikeluarkannya "perintah keamanan", warga Gaza yang berusia lebih dari 45 tahun akan diizinkan untuk bepergian ke luar negeri melalui perbatasan Jembatan Allenby Israel yang melintasi Yordania tetapi tidak diperbolehkan mengunjungi kota-kota di Israel atau Tepi Barat.

Gaza hanya memiliki sekitar 1.200 penganut Kristen - kebanyakan dari mereka Ortodoks Yunani - di antara 2 juta populasi jalur pantai yang sempit itu. Lebih dari 900 dari mereka telah mengajukan permintaan untuk meninggalkan Gaza saat Natal.

Keputusan tahun ini adalah sebuah perubahan dari kebijakan biasa. Tahun lalu, Israel memberikan izin bagi hampir 700 orang Kristen Gaza untuk melakukan perjalanan ke Yerusalem, Betlehem, Nazareth dan kota-kota suci lainnya yang menarik ribuan peziarah setiap musim liburan.

Pada April, 300 orang Kristen Gazan baru diizinkan untuk mengunjungi Tepi Barat dan Yerusalem untuk Paskah setelah tekanan publik membuat pemerintah Israel mengubah keputusan awalnya yang melarang mereka memasuki Tepi Barat dan Israel.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini