nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral! Video Hitung 35x12 Versi Asia dan Amerika, Lebih Cepat Mana?

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 11:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 16 65 2142353 viral-video-hitung-35x12-versi-asia-dan-amerika-lebih-cepat-mana-QLgy6GgpRV.png Viral Perkalian (Foto: Facebook)

JAKARTA – Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang dipelajari pada setiap jenjang pendidikan, baik TK, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), bahkan Perguruan Tinggi (PT) sekalipun.

Matematika dinilai menjadi salah satu pelajaran krusial, bahkan jika mendapat nilai matematika rendah dicap sebagai kurang pintar.

Dalam matematika terdapat banyak kemampuan yang harus dikuasai. Mulai dari pertambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, atau aljabar.

Baca Juga: Nadiem Makarim Bebaskan Sekolah Kembangkan RPP Secara Mandiri

Mengerjakan soal demi soal dapat dilakukan dengan berbagai cara guna mendapatkan jawaban yang benar. Oleh karenanya, banyak cara-cara menyelesaikan soal matematika yang tersebar di berbagai belahan dunia. Mulai dari cara konvensional atau tradisional ke cara modern.

Pada video viral yang beredar di salah satu akun media sosial, terdapat perbandingan cara menyelesaikan perkalian versi Asia dengan Amerika.

“Asian vs American math,” tulis Creative Videos lewat akun Facebook-nya, yang tengah viral seperti dikutip Senin (16/12/2019).

Baca Juga: Fakta Nadiem Makarim Ubah Sistem Zonasi, Nomor 3 Dikomplain Emak-Emak

Video yang tengah viral itu menampilan dua tayangan sekaligus. Pada kanan video, terdapat cara menyelesaikan perkalian menggunakan cara tradisional versi Asia. Sedangkan, pada bagian kiri video, terdapat cara Amerika yang menggunakan cara modern.

 Viral Perkalian

Pada video itu terlihat menyelesaikan perkalian dengan cara konvesional lebih cepat daripada modern.

“35 X 12,” itulah soal yang perkalian yang dikerjakan.

Viral Perkalian 

Dengan cara tradisional versi Asia, mereka mampu menyelesaikannya hanya dalam waktu 26 detik saja. Lain dengan Amerika Serikat yang membutuhkan waktu 3 menit 35 menit untuk menyelesaikan soal.

Bahkan saat Amerika Serikat masih mengerjakan soal perkalian, orang Asia dapat merebus mi instan dan main game sekaligus.

Tidak hanya itu, saat video versi Amerika masih mengerjakan soal, video versi orang Asia sudah menyantap mi rebus buatannya.

Apakah ini menunjukkan cara tradisional lebih cepat menyelesaikan soal matematika daripada cara modern? Cara mana yang kalian pilih?

Viral Perkalian 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini