nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IPB Siap Terima 4.100 Mahasiswa pada Tahun Ajaran 2020

Hairunnisa, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 14:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 16 65 2142438 ipb-siap-terima-4-100-mahasiswa-pada-tahun-ajaran-2020-xqBysHEiHH.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020 sebentar lagi akan dibuka. Penerimaan jumlah mahasiswa baru di setiap institusi ada yang sudah ditentukan, salah satunya Institut Pertanian Bogor (IPB University).  

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University Dr Drajat Martianto mengatakan, pada tahun 2020 nanti, IPB University siap menerima mahasiswa baru sebanyak 4.100 orang.

Baca Juga: Ketika IPB Jadi 'Wamen' Mentan

Kouta penerimaan pun dibagi menjadi tiga, yaitu untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar minimal 40%, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 40% dan jalur Mandiri maksimal 20%.

"IPB siap menampung mahasiswa baru sebanyak 1.640 dari masing-masing jalur SNMPTN dan SBMPTN. Dari jalur Mandiri, IPB University siap menerima 820 mahasiswa,” papar Drajat dalam keterangannya, Senin (16/12/2019).

IPB

Dia menambahkan, untuk jalur Mandiri IPB University membuka beberapa jalur yakni Ujian Talenta Mandiri (UTM), Ketua Osis, Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) dan Beasiswa Utusan daerah (BUD). IPB University juga mengembangkan kelas internasional untuk tiga program studi yaitu Kedokteran Hewan, Ilmu dan Teknologi Pangan, dan Teknik Industri Pertanian.

Selain itu, Drajat juga menjelaskan pembuatan akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) wajib bagi siswa yang akan mengikuti seleksi masuk PTN. Sekolah pun wajib membuat akun LTMPT. Jika sekolah tidak membuat akun LTMPT maka bisa dipastikan siswanya tidak akan bisa mendaftarkan diri baik di jalur SNMPTN maupun jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria memotivasi dan mengajak seluruh siswa SMA untuk jujur, bertanggung jawab, cerdas emosional atau interpersonal, visioner, produktif, inisiatif, disiplin dan bekerja keras kalau ingin diterima masuk IPB University.

“IPB University ingin menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi adaptif terhadap perubahan dan menjadi trendsetter terhadap perubahan,” kata Arif.

IPB

Selain itu juga, saat ini IPB University tengah terus mengembangkan Program Pendidikan IPB 4.0 dirancang untuk membekali peserta didik dengan skills set yang akan memperkuat talen sehingga lulusannya lincah, tangguh dan adaptif dangan perubahan sebagai generasi tomorrow people. Tujuan utama dari penerapan pendidikan IPB 4.0 adalah agar para lulusan IPB menjadi powerful agile learner.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini