5 Cara Mempersiapkan Diri sebelum Lulus Kuliah

Hairunnisa, Okezone · Senin 16 Desember 2019 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 16 65 2142549 5-cara-mempersiapkan-diri-sebelum-lulus-kuliah-D1sLCyuJ4G.jpg Ilustrasi Mahasiswa. (Foto: Okezone.com/Shuttertock)

JAKARTA – Wisuda bidang merupakan hari yang paling kamu tunggu-tunggu setelah menyelesaikan sekian tahun masa pendidikan tinggi. Ijazah kuliah bisa dianggap sebagai bukti kerja keras kamu selama 3 sampai 4 tahun menempuh pendidikan.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir atau mahasiswa yang akan di wisuda, banyak memikirkan bagaimana hasil akhir dan kehidupan selanjutnya. Mahasiswa tingkat akhir mulai berfikir bagaimana cara mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Tinggal di Asrama Kampus Bisa Lebih Sukses, Kok Bisa?

Hal-hal ini pun membuat kamu menjadi khawatir, apalagi setelah lulus kuliah, kamu tahu bahwa teman-teman seangkatan sudah diterima di tempat kerja.

Untuk itu, supaya ketakutan tidak muncul, berikut 5 cara untuk kamu mempersiapkan diri sebelum hari kelulusan tiba. Dikutip dari Hercampus, Senin (16/12/2019).

1. Jaga Keuangan

Biasanya sebelum lulus, kamu akan memiliki waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja dan menghabiskan uang. Hal ini dilakukan karena selama kuliah kamu terlalu sibuk pada jadwal yang padat.

Mahasiswa

Bagi kamu yang belum mendapatkan pekerjaan, lebih baik simpan dan jaga uang tersebut untuk masa depan atau membeli barang-barang yang bermanfaat dan bisa dijual kembali.

2. Memiliki Rencana Cadangan

Mengapa kita harus memiliki rencana cadangan? Karena rencana ini dapat membantu kamu untuk menikmati hidup dan membantu kamu dalam memecahkan masalah.

Baca Juga: Inspirasi Milenial, 3 Anak Muda Indonesia Terpilih Mengikuti Youth Ag Summit

Misalnya, di saat kamu sedang pusing-pusingnya memikirkan nilai, uang, dan dimana kamu akan bekerja, kamu bisa berencana untuk liburan dengan uang tabungan kamu.

3. Menegosiasikan Gaji

Sebelum masuk dunia kerja, kamu harus bisa menegosasikan gaji kamu, apalagi wanita. Sebagai wanita, kita perlu mencoba menegosiasikan gaji kita karena menurut data, wanita berpenghasilan rata-rata 20% lebih sedikit daripada pria. Gunanya kamu melakukan negosiasi adalah untuk daya tawar.

4. Mengatur Waktu Secara Ekstra

Bagi kamu yang selama kuliah hanya fokus pada belajar dan mengejar nilai tinggi. Jika kamu mulai punya waktu, pikirkanlah untuk mengambil hobi baru atau lakukan semua hal yang belum pernah kamu rasakan selama kuliah.

5. Mengatasi Kesepian

Banyak mahasiswa tingkat akhir yang bilang di tahun ini adalah tahun kesepian. Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus jalan-jalan bersama teman-teman dan menghadiri berbagai acara yang menarik sesuai dengan pilihan kerja kamu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini