Presiden Putin Akan Bawa Agenda Kemitraan Strategis saat Kunjungi Indonesia pada 2020

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 18 Desember 2019 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 18 2143383 presiden-putin-akan-bawa-agenda-kemitraan-strategis-saat-kunjungi-indonesia-pada-2020-g0iIVKmZhP.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo pada 2020, demikian disampaikan Wakil Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Oleg Kopylov pada Rabu. Kunjungan pemimpin Rusia itu menjadi sebuah event besar yang dinantikan sejak diwacanakan pada 2017.

“Kami telah bekerja keras untuk itu dan kami berharap jadwal Presiden (Putin) memungkinkan untuk (mengunjungi) Jakarta pada 2020 atas undangan Presiden Jokowi,” kata Wakil Duta Besar Kopylov dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

BACA JUGA: Dubes Rusia: Presiden Putin akan Kunjungi Indonesia untuk Hasilkan Terobosan Besar

Dia mengatakan bahwa kunjungan Presiden Putin ini telah lama dipersiapkan dan akan membawa sejumlah isu penting untuk dibahas, baik mengenai hubungan bilateral mau pun isu internasional. Kedua kepala negara juga akan menandatangani sejumlah perjanjian bilateral antara Rusia dan Indonesia.

“Di antara dokumen-dokumen yang dipersiapkan untuk pertemuan tingkat tinggi yang ditunggu-tunggu, sebenarnya ada satu set besar dokumen yang dipersiapkan, dan yang paling utama adalah deklarasi kemitraan strategis antara Rusia dan Indonesia.

Kopylov mengatakan bahwa kemitraan strategis antara kedua negara akan menjadi sebuah titik penting dalam hubungan diplomatik kedua negara, terlebih karena Indonesia dan Rusia akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatiknya pada 2020.

“Ini akan menandai sebuah langkah yang sangat besar dalam hubungan kita, yang akan merayakan 70 tahun hubungan Indonesia dan Rusia tahun depan. Saya kira kunjungan dan penandatanganan deklarasi kemitraan strategis ini akan menjadi sesuatu yang simbolik karena perayaan besar ini,” kata Oleg.

BACA JUGA: Romantisme Indonesia-Rusia, Putin Bakal Temui Jokowi di KTT ASEAN

Beberapa hal penting lain yang juga dinilai akan menjadi sorotan dalam kunjungan tersebut di antaranya adalah pernyataan bersama kedua kepala negara mengenai keamanan informasi internasional, perjanjian mengenai keamanan informasi internasional dan juga perjanjian penyederhanaan proses visa antara Rusia dan Indonesia.

Kedua negara menjalin kerja sama di berbagai bidang, terutama dalam bidang ekonomi perdagangan, pertahanan dan pariwisata. Kedua negara juga bekerja sama dalam sejumlah forum internasional, terutama dalam Dewan Keamanan PBB di mana Indonesia duduk sebagai anggota tidak tetap, sementara Rusia berada di kursi anggota tetap.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini