nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Kobra di Permukiman Warga, Seberapa Bahaya Bisanya?

Hairunnisa, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 16:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 18 65 2143476 viral-kobra-di-permukiman-warga-seberapa-bahaya-bisanya-i7Os2ckURs.jpg Ular Kobra. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kemunculan ular di kobra di sejumlah wilayah di Pulau Jawa meresahkan masyarakat. Reptil berjenis vertebrata ini memang salah satu hewan berbisa yang mematikan. Satu gigitannya bisa memicu kematian.

Baca Juga: Teror Kobra, Ini Tips agar Ular Tak Masuk ke Rumah

Belakangan ini, ular kobra secara tiba-tiba muncul di pemukiman warga. Misalnya di daerah Gunung Kidul, Cibinong, Jember, Bogor, Citayam, Depok, Purwakarta, Subang, Jakarta, Makassar, Sukoharjo, Ngawi, Bekasi, dan Tangerang Selatan.

Infografis Fenomena Ular Kobra

Kehadiran ular kobra ini juga telah menelan korban. Seorang Bocah berumur 8 tahun di Depok dilarikan ke rumah sakit setelah terkena gigitan anak ular kobra dan berhasil selamat.

Lalu, seberapa bahaya bisa ular kobra?

Menurut Peneliti Herpetologi (amfibi dan reptil) Fakultas Kehutanan IPB Mirza D Kusrini, ular kobra memiliki jenis bisa yang berbeda. Ada yang rendah, menengah, sampai tinggi sehingga dapat mematikan.

Baca Juga: Kenapa Ular Kobra Banyak Ditemukan Saat Musim Hujan?

"Kalau bisa rendah paling ya bengkak sedikit. Bisa tinggi kalau tidak dapat penanganan tepat dan pasien sampai fase sistemik, ya dapat mematikan," ungkap Mirza kepada Okezone, Rabu (18/12/2019).

Mengingat adanya korban gigitan ular, Mirza menambahkan, jika ular berbisa tidak menggigit manusia, tidak akan membahayakan manusia.

Dia juga memberi tahu wilayah manakah yang akan didatangi ular kobra. Menurutnya, wilayah yang memiliki banyak sampah, semak belukar tidak terurus, banyak tumpukkan barang-barang di halaman rumah.

"Pokoknya pemukiman yang tidak bersih dan banyak tikus pasti akan mengundang ular," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini