nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Menjadi Juara? 4 Langkah Ini Tipsnya

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 18:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 19 65 2143935 ingin-menjadi-juara-4-langkah-ini-tipsnya-evW92ynycx.jpg Medali (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bisa menjadi juara bukan suatu kebetulan. Dibutuhkan suatu strategi diri agar bisa unggul. Lalu apa saja strategi dan rahasia agar bisa menjadi juara?

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) Wilbert Joe peraih Juara 1 Indonesian International Medical Olympiad 2019, berbagi tips dan triknya.

Baca Juga: Menteri PPA Sebut Ibu Milenial Wajib Kuasai Tekonologi

Menurutnya, hal paling penting diperhatikan adalah keseimbangan terhadap tiga hal, yang kerap disingkat dengan MKT, yaitu makan, konsentrasi dan tidur. Kegiatan olah jasmani, lanjutnya, jangan sampai diabaikan. Sebab, kesehatan yang prima akan mampu memberikan stimulasi dan dorongan yang baik dalam seluruh kegiatan yang dijalani. 

Berikut ini “Tips dan Trik Mempersiapkan Diri Menjadi Seorang Juara” versi Wilbert Joe, seperti dikutip laman USU, Kamis (19/12/2019):

medali

1. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai perjalanan meraih kesuksesan adalah dengan mengetahui apa yang kita inginkan.

2. Menetapkan tujuan, membuat perencanaan, mulai bekerja, teguh dan fokus dan akhirnya meraih apa yang diinginkan.

“Dalam hidup ini kunci sukses itu cuma satu; jangan takut gagal. Saat gagal, buatlah list kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut,” katanya.

3. Berhenti menunda apa yang bisa kita lakukan segera. Dengan demikian, kita akan mempersingkat waktu pengerjaan dan mempercepat waktu untuk mencapai apa yang kita inginkan

medali

4. Jangan kehilangan motivasi dan terus disiplin dalam mengerjakan sesuatu. Bisa jadi dalam perjalanannya akan ada distraction atau pengalihan, yang membuat lupa pada tujuan. Hal itu harus bisa diantisipasi dengan baik, sehingga kita tetap konsisten dengan perjalanan menuju pencapaian terbaik.

“Practise makes perfect. Berlatih secara teratur dan konsisten juga akan memberikan hasil terbaik dalam perlombaan yang ingin kita menangkan, ataupun menuju impian terbesar kita,” imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini