nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beasiswa Masuk Kampus Islam Negeri, Syaratnya Hafal Alquran!

Hairunnisa, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 19:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 20 65 2144439 beasiswa-masuk-kampus-islam-negeri-syaratnya-hafal-alquran-MbVEfRp9pT.jpg Dirjen Pendis Kamaruddin Amin. (Foto: Okezone.com/Kemenag)

JAKARTA – Seleksi Prestasi Akademik Nasional untuk masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2020 resmi dibuka. Seleksi ini akan menyaring para calon pendaftar yang memiliki prestasi.

Baca Juga: Menag Usul Mahasiswa Kampus Islam Negeri Dibekali Ilmu IT dan Bahasa Internasional

"SPAN itu seleksi prestasi jadi tidak tes, hanya diseleksi berkasnya saja, baik dari rapor atau prestasi lain, seperti olimpiade, atau olahraga lain, dan juga bagi yang hafal alquran beberapa juz juga bisa dijadikan salah satu pertimbangan dan hanya bagi nilai-nilai terbaik saja yang dipilih," Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamarudin Amin, pada acara pembukaan pendafataran SPAN dan UM-PTKIN, Jakarta Jumat (20/12/2019).

SPAN

Seleksi prestasi ini bisa diikuti oleh seluruh pendafatar di Indonesia yang duduk di bangku SMA atau Madrasah Aliyah (MA) saja. Di mana kuliahnya sendiri tidak di pungut biaya alias gratis.

Baca Juga: Ini 10 Perguruan Tinggi dengan Kinerja Penelitian Terbaik Versi Kemenristek

Dia juga menyampaikan tentang kebijakan baru, dimana ia meminta kepada para rektor untuk mengurangi menerima mahasiswa fakultas tarbiyah.

"Alasannya kita ingin fakultas tarbiyah ini fokus melaksanakn sertifikasi terlebih dahulu," jelasnya.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kelas tarbiyah, yang biasanya kelasnya lebih banyak, kini menjadi 2 kelas saja. Nantinya seluruh dosen nantinya akan mengikuti pelatihan lagi.

Program studi atau Prodi yang akan ditingkatkan misalnya, ekonomi syariah, atau prodi saintek, prodi di umum lainnya juga bisa ditingkatkan. Meskipun demikian prodi agama tidak boleh diabaikan.

"Tujuan awal didirikannya PTKIN itu adalah untuk prodi-prodi agama ini, salah satunya tarbiyah, usuludin, kita harus memastikan fakultas-fakultas seperti ini tidak mati alias masih terawat," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini