nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Membeda-bedakan, Untar Terbuka untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 22 Desember 2019 11:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 22 65 2144837 tak-membeda-bedakan-untar-terbuka-untuk-mahasiswa-berkebutuhan-khusus-E6lKwT6ynW.jpeg Foto: Wilda Fajriah/Okezone

BOGOR - Memiliki visi untuk menjadi Universitas Entrepreneurial Unggul yang Memiliki Integritas dan Profesionalisme di Asia Tenggara, Universitas Tarumanagara (Untar) mengaku tak pernah membeda-bedakan mahasiswanya.

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan mengatakan, banyaknya anak berkebutuhan khusus yang menempuh pendidikan di Untar tidak menghalangi proses belajar mengajar kampus tersebut. Untar bangga dapat memberikan pendidikan ke semua bangsa Indonesia tanpa membeda-bedakannya.

"Kami ingin membuka diri, memang fasilitas yang disediakan Untar hingga saat ini belum bisa mendukung semua aktivitas difabel untuk belajar di Untar, kami menyadari hai itu. Karena sebagai perguruan tinggi swasta kita tidak bisa menyiapkan semuanya dalam waktu yang singkat serta pembiayaan yang harus kita usahakan sendiri," papar Agustinus.

Agustinus juga menyampaikan, kuota yang disediakan untuk anak berkebutuhan khusus tidak secara spesifik ditentukan. "Selama program studi (prodi) yang bersangkutan masih bisa menerimanya, serta fasilitas yang mumpuni masih bisa kami sediakan, maka tidak ada alasan kami untuk menolak," ujar Agustinus.

Di tengah keseruan Untar yang dapat memberikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus, Untar juga berkolaborasi dengan soina (special olympic indonesia).

"Kami punya kolaborasi yang sangat erat dengan soina. ada acara leadership untuk anak berkebutuhan khusus, ada olahraga, ada permainan, dan itu diselenggarakan di untar," jelas Agustinus.

"Untar sangat terbuka untuk menyediakan fasilitas yang bisa kita sediakan. Kita peduli terhadap sesama untuk memperoleh proses pembelajaran. Kami berharap universitas lain juga bisa meniru dan peduli terhadap pendidikan buat anak berkebutuhan khusus," pungkas Agustinus. (adv)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini