nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal yang Tidak Pernah Diajarkan Selama Kuliah, Apa Saja?

Irene, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 18:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 23 65 2145287 5-hal-yang-tidak-pernah-diajarkan-selama-kuliah-apa-saja-3EsRdNU0iY.jpg Ilustrasi Kampus (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ijazah adalah selembar kertas yang sangat ditunggu-tunggu seorang mahasiswa setelah kerja kerasnya selama empat tahun atau lebih. Kertas itu adalah bukti yang menunjukkan bahwa selama perjuangan empat tahun itu kamu telah mempersiapkan diri menempuh dunia kerja.

Nilai perguruan tinggi tak tersangkal memang penting. Namun percayakah masih banyak kenyataannya hal-hal yang tidak diajarkan selama bangku kuliah kepada kalian, mahasiswa?

Seperti dikutip Hercampus, Senin (23/12/2019), berikut ini 5 hal yang tidak diajarkan di bangku kuliah.

Baca Juga: Menteri PPA Sebut Ibu Milenial Wajib Kuasai Tekonologi

1. Cara Membuat Anggaran dan Tetap Berpegang Padanya

Tidak asing lagi bukan mendengar tentang anggaran? Anggaran telah diberitakan kepada kita berkali-kali. Namun apakah ada dosen yang benar-benar duduk dan menunjukkan cara membuatnya kepadamu? Apakah ada seorang profesor membahas bagaimana seharusnya kamu membelanjakan uangmu dengan bijak?

Sekarang adalah waktunya anda berpikir tentang bagaimana kamu menghabiskan uangmu dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Lacak pengeluaranmu dan lihat pada setiap akhir bulan. Kamu dapat melihat berapa banyak belanja kebutuhan yang telah dilakukan seperti makanan, dan gas.

Kampus

2. Memahami Pentingnya Back up-plan (Rencana Cadangan)

Biasanya kebanyakan orang cenderung mengandalkan pilihan utama kemudian kenyataannya terjadi sebaliknya. Maksudnya, walaupun kamu merasa sangat mencintai karirmu bahkan setelah kamu lulus, coba pikirkan pilihan lain. Mungkin saja nantinya kamu lebih cocok bekerja dengan hal yang tidak selaras dengan pendidikanmu.

Jika kamu belum menemui pekerjaan yang membuat kamu bahagia, tidak ada salahnya untuk mengambil langkah mundur untuk kembali sekolah atau bekerja sebagai barista sampai kamu menemukannya. Tujuannya adalah untuk mengetahui tujuanmu, dan kamu punya banyak waktu untuk menemukannya.

3. Mengetahui Bagaimana dan Apa Untuk Bernegosiasi

Sebagai perempuan, penting bagi kita untuk menguasai negosiasi. Menurut SkillCrush, perempuan yang berpenghasilan rata-rata 20% lebih sedikit dari pria. Bernegosiasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk karier yang sukses, tetapi hampir tidak ada yang kelas perkuliahan yang mengajarkan bagaimana melakukannya dengan baik.

Tetapi kebanyakan profesor bersedia berbicara dengan siapa pun tentang bidangnya, jadi hubungi profesor di bidang komunikasi, bisnis, atau ekonomi dan tanyakan kepada mereka untuk mendapat pengetahuan tentang negosiasi. Jangan pergi dari kampusmu tanpa menguasai pengetahuan tentang keterampilan negosiasi.

Kampus

4. Bagaimana Mengatur Waktu Ekstra

Biasanya kamu akan merasakan waktu ekstra setelah lulus dari bangku kuliah. Kamu merasa harus berada di suatu tempat dan mengerjakan sesuatu sepanjang waktu, tapi kamu tidak melakukannya. Perasaan itu seperti rasa cemas.

Miliki hobi atau ikut kelas online untuk mulai meramaikan dirimu sendiri lagi. Temukan cara untuk menggunakan waktumu untuk terus memperbaiki dirimu atau bergegas menuju sesuatu yang lebih besar.

Kampus

5. Cara Mengatasi Kesepian

Kamu harus meluangkan waktu untuk teman-temanmu walaupun mereka jauh. Merencanakan akhir pekan untuk berkunjung, jalan-jalan atau bicara lewat telepon, setidaknya kamu harus lakukan salah satu dari pilihan ini.

Menjaga hubungan dan berteman bukanlah hal yang mudah, tetapi kamu layak memiliki teman yang dapat terus mendukungmu sepanjang hidup. Perguruan tinggi memang sulit, tetapi kehidupan setelahnya juga tak mudah. Tapi ingatlah, bahwa kamu sudah menyelesaikan sesuatu yang luar biasa dan ini hanyalah tahap selanjutnya dari kehidupanmu yang luar biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini