nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libur Nataru, Ini Tips Aman Mahasiswa Tinggalkan Indekos

Hairunnisa, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 15:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 24 65 2145600 libur-nataru-ini-tips-aman-mahasiswa-tinggalkan-indekos-T8llK97U5t.jpg Kos-kosan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2020, suasana kampus menjadi sepi dari kegiatan belajar mengajar. Banyak di antara mahasiswa rantau yang memilih pulang kampung untuk mengisi masa liburan.

Tapi bagi para mahsiswa yang ingin meninggalkan indekos, perlu menjaga keamanan kamar. Sebab, situasi ini menghasilkan celah kejahatan.

Baca Juga: Cara Survive bagi Anak Kost, Simak 5 Celahnya

Salah satu area yang memiliki banyak asrama dan indekos adalah Ciputat. Di wilayah tersebut terdapat kampus negeri yaitu Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Jakarta.

Menurut Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Ciputat Sugeng, indekos menjadi salah satu titik yang tidak luput dari pengamanan. Sejumlah langkah pun dilakukan untuk mengantisipasi tempat-tempat titik rawan kejahatan. Langkah tersebut di antaranya Kepolisian bekerja sama dengan Satpam, Kelompok Sadar Kamtibmas (KSK) di lingkungan setempat, khususnya tempat-tempat yang banyak ditinggali oleh mahasiswa.

"Selain mengamankan gereja, juga mengamankan rumah-rumah kosong (rumsong) yang ditinggalkan pemiliknya untuk libur Natal dan tahun baru," ungkap Sugeng kepada Okezone, Selasa (24/12/2019).

Baca Juga: 5 Tips Atur Uang untuk Mahasiswa yang Ngekos di Jakarta

Pihak Kepolisian dan keamanan lingkungan juga bersinergi untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara melakukan patroli bersama. Namun meski sudah dilakukan pengamanan, mahasiswa sebagai penyewa indekos atau asrama juga perlu mempersiapkan diri sebelum mudik.

Berikut ini tips yang diberikan oleh Polsek Ciputat:

1. Kabarkan dan titipkan indekos kepada pemilik dan keamanan lingkungan

2. Jangan nyalakan lampu depan/teras

3. Matikan listrik keran air, alat-alat elektronik yang lainnya untuk menghindari bahaya kebakaran

4. Tinggalkan nomor HP yang mudah dihubungi ke pihak keamanan indekos atau asrama.

Selain memberikan tips kepada mahasiswa yang pergi berlibur, dia juga memberikan imbauan kepada mereka yang tidak meninggalkan indekos ataupun asrama dengan berkoordinasi degan pihak keamanan setempat.

"Bila melihat hal-hal yang mencurigakan segera lapor ke satpam atau polisi," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini