Kebakaran Hebat di Chile Hancurkan Ratusan Rumah, Paksa Evakuasi Massal Warga

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 25 Desember 2019 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 25 18 2145959 kebakaran-hebat-di-chile-hancurkan-ratusan-rumah-paksa-evakuasi-massal-warga-pExwFthrkF.jpg Foto: Reuters.

VALPARAISO - Sedikitnya 120 rumah hancur akibat kebakaran hutan yang menyebar dengan cepat di Kota Valparaíso, Chile. Para pejabat mengantakan amukan api yang sulit dikendalikan itu telah mendorong diperintahkannya evakuasi massal di kota tersebut.

Semua petugas pemadam kebakaran kota telah dikerahkan untuk mengatasi kebakaran di daerah Rocuant dan San Roque. Listrik untuk sekira 90.000 pelanggan di wilayah tersebut telah diputus sebagai tindakan pencegahan.

Wali Kota Valparaíso Jorge Sharp mengatakan kepada Canal 24 Horas bahwa kebakaran telah dimulai "dengan sengaja". Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan mengenai jatuhnya korban.

"Saat ini, tim darurat dari seluruh Valparaíso sedang bekerja, menggunakan sumber daya darat dan udara, di dua daerah di bagian kota yang lebih tinggi," kata wali kota sebagaimana dilansir BBC, Rabu (25/12/2019).

Helikopter juga dikerahkan untuk menangani kebakaran di Valparaiso. (Reuters)

Walikota menambahkan bahwa angin kencang dan suhu tinggi memperburuk situasi. Valparaíso adalah salah satu kota terbesar di Chile dan pelabuhan utama di Pasifik.

Menteri Pertanian Chile Antonio Walker yang datang ke daerah kejadian mengakui bahwa petugas pemadam kebakaran kesulitan untuk mengatasi kebakaran tersebut. Hampir 120 hektar padang rumput telah dirusak oleh api.

Valparaíso, di Chile tengah, adalah tujuan wisata populer di Amerika Selatan.

(fzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini