nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Perluas Area Pengamanan Lokasi Lubang Raksasa di Sulsel

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 25 609 2145796 polisi-perluas-area-pengamanan-lokasi-lubang-raksasa-di-sulsel-PTl5HlqtDV.jpg Lubang raksasa di Maros, Sulawesi Selatan. (Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR – Petugas kepolisian memperluas area pengamanan lokasi amblesnya tanah hingga menimbulkan lubang raksasa di Dusun Tana Takko, Desa Lebbo Tengae, Kecamatan Cenrana, Maros, Sulawesi Selatan.

Kapolsek Camba AKP Haedar mengatakan langkah itu diambil atas permintaan peneliti dari Tim Geologi Unhas. Mereka memasang garis polisi dan meminta warga tidak berada sejauh 200 meter dari lubang.

Baca juga: Tim Geologi Ambil Sampel Tanah Ambles Membentuk Lubang Raksasa di Sulsel 

"Kita ambil langkah untuk memperluas area pengamanan lokasi ini. Mengingat penyampaian Tim Geologi bahwa akan dilakukan penelitian," kata Haedar kepada Okezone, Selasa 24 Desember 2019.

Adapun ukuran lubang hingga saat ini, kata dia, yaitu diameter sekira 150 meter persegi dengan kedalaman 50 meter. Sehingga akan dilakukan penjagaan dan pengamanan di sekitar lubang.

"Jadi itu alasannya sehingga kita menambah luas dari pada lahan yang harus diamankan dengan maksud untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan," ungkapnya.

Baca juga: Tim Geologi Duga Lubang Raksasa di Maros Terjadi Akibat Reaksi Batu Gamping 

Apalagi, lanjut Haedar, kondisi tanah seperti ini di bawah lubang dan permukaannya masih mudah runtuh. Warga juga diimbau tidak mendekati lokasi kejadian dengan radius sekira 200 meter.

"Bagaimana yang disampaikan oleh Tim Geologi. Jadi itu maksudnya sehingga kita menambah luasnya lahan yang diamankan dan dipasangi garis polisi," ungkapnya.

Penjagaan juga dilakukan dengan menambah personel di lokasi dan memasang tenda di sekitar amblesnya tanah.

"Penambahan personel untuk membantu kita memasang tenda di sini dengan maksud untuk membantu pihak pemda maaupun Tim Geologi untuk dilakukan penelitian, jadi kita membantu," ujarnya.

Baca juga: Lokasi Lubang Raksasa di Tanah Sulawesi Diduga Bekas Sungai 

Hingga saat, menurut dia, warga terus berdatangan setelah informasi ini viral di media sosial. Kedatangan warga untuk melihat secara dekat lubang. Meski begitu, warga tetap diimbau tidak terlalu dekat.

"Biasalah kalau memang ada kejadian pasti akan ramai melihat yang terjadi di sana. Tapi hingga saat ini tidak ada masalah. Hanya ini fenomena alam saja. Tapi pihak tim geologi mau tahu sebetulnya apa kondisi di bawah tanah," jelasnya.

Baca juga: Suara Gemuruh Awali Munculnya Lubang Raksasa di Tanah Sulawesi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini