Dear Mahasiswa, Jangan Lupa Persiapan UAS saat Musim Liburan

Hairunnisa, Okezone · Rabu 25 Desember 2019 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 25 65 2145853 dear-mahasiswa-jangan-lupa-persiapan-uas-saat-musim-liburan-rjz5sR0qPI.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Minggu ini sudah memasuki libur natal dan tahun 2020, banyak mahasiswa dari berbagai universitas sudah liburan. Biasanya pada waktu ini banyak dimanfaatkan mahasiswa untuk merencanakan perjalanan bersama teman-teman dekat atau keluarga.

Akan tetapi, bagaimana jika pada saat liburan ini kamu masih belum melaksanakan ujian akhir semester (UAS). Hal ini pun terjadi, ternyata banyak loh dari beberapa universitas yang mahasiswanya belum melaksanakan ujian akhir semester (UAS).

Baca Juga: Menteri PPA Sebut Ibu Milenial Wajib Kuasai Tekonologi

Psikolog Tika Bisono mengatakan, biasanya libur natal dan tahun baru ini dilakukan sebelum UAS sebagai agenda minggu tenang yang digunakan untuk belajar. Dia juga menambahkan menjelang akhir tahun biasanya para mahasiswa menghadapi beberapa tantangan, seperti hura-hura dan liburan.

"Bagi kita yang akan menjalankan UAS, di sini lah kedewasaan kita diuji dalam menghadapi situasi ini dan juga untuk lebih bertanggung jawab terhadap apa yang diprioritaskan," ujar Tika kepada Okezone, Rabu (25/12/2019).

Kampus

Dia juga menambahkan, jika mahasiswa tersebut tetap harus ikut liburan bersama keluarga, ia berpesan untuk membawa buku. Tika mengatakan, libur saat menjelang UAS dianggap lebih tenang, karena sehabis ujian ini sudah tidak ada lagi kuliah.

"Lebih tenang ya, soalnya bisa menginap di rumah teman sambil belajar bareng dan menikmati tahun baru," tambahnya.

Selain itu, ia juga tips untuk mahasiswa yang akan menghadapi UAS sehabis Nataru, yaitu jadilah dewasa untuk memahami prioritas utamanya.

Baca Juga:  10 Universitas Terbaik di Eropa, Apa Kalian Berminat?

"Kalau prioritasnya UAS, berprilakulah sesuai dengan prioritas itu.

Bagi yang sudah menjalankan UAS maka manfaatkan waktu dengan baik," ungkapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini