3 Cara IPB Kelola Sampah, Sampai Diolah Jadi Produk Lain

Hairunnisa, Okezone · Jum'at 27 Desember 2019 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 27 65 2146668 3-cara-ipb-kelola-sampah-sampai-diolah-jadi-produk-lain-LCCLzUAGnB.jpg Kampus IPB (Foto: Dok. IPB)

JAKARTA - Dalam usaha menyukseskan program Green Campus, IPB University mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah bagi seluruh unit kerja yang ada di lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB University).

Sekretaris Institut IPB University Dr Aceng Hidayat menyatakan bahwa pertemuan ini untuk menyampaikan kebijakan IPB University tentang pemilahan sampah yang dilakukan oleh masing-masing unit kerja.

 Baca Juga: IPB Siap Terima 4.100 Mahasiswa pada Tahun Ajaran 2020

“Titik yang paling kritis adalah memastikan unit kerja sudah memilah sampah dan menampungnya dalam bak-bak kecil. Kami sudah menyiapkan sarana penampungan, pengangkutan dan pengolahannya serta memastikan sampah akan sampai ke Cikabayan dalam keadaan terpilah juga,” ujar Aceng dalam keterangannya, Jumat (27/12/2019).

Pada kesempatan ini, hadir pula Bambang Kuntadi, SP, MM, Direktur Umum, Sarana dan Prasarana IPB University memberikan materi tentang Pengelolaan Sampah. Menurutnya, fokus IPB University pada tahun 2020 ada tiga kegiatan.

IPB

Yaitu pengurangan timbulan sampah (reduce), pemanfaatan kembali sampah (reuse), dan pengolahan sampah menjadi produk lain (recycle). Skema pemilahan sampah yang akan diolah meliputi sampah organik, sampah plastik, sampah kertas dan sampah B3.

“Titik kritis pengelolaan sampah meliputi pemilahan di tingkat penghasil dan pengangkutan ke tempat penampungan sementara (TPS). Setelah itu, pengangkutan dari TPS (container dan bak sampah terbuka) ke Cikabayan dan dilanjutkan pengolahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikabayan. Proses pengolahan sampah di TPA Cikabayan meliputi composting, biodigestering dan incenerating,” ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini