nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Membuat CV Online

Hairunnisa, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 16:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 30 65 2147474 4-tips-membuat-cv-online-uS4Y1I0sfO.jpg Cari Kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Seperti kebanyakan mahasiswa, kamu pasti sedang memikirkan pekerjaan apa yang akan kamu ambil dan bertanya-tanya bagaimana kamu akan diterima kerja. Sekarang saatnya untuk membangun ide tentang pekerjaan impian dan mulai mengambil langkah-langkah spesifik untuk mencapainya.

Di zaman sekarang, internet adalah salah satu alat paling berguna yang dapat digunakan untuk menciptakan citra positif diri kamu. Tidak lagi diperuntukkan bagi para pakar teknologi saja, internet telah menembus semua pasar kerja dan membuka berbagai kemungkinan yang belum pernah ada sebelumnya. Salah satunya adalah pembuatan portofolio online atau yang lebih kita kenal CV.

Baca Juga: Tips Memperkenalkan Diri saat Wawancara Kerja

Portofolio online adalah seperti pertunjukan diri yang dikirim untuk para profesional. CV pada dasarnya adalah resume online yang luas dimana kamu memiliki kebebasan untuk memamerkan keterampilan dan pengalaman yang mungkin tidak berlaku untuk dicetak.

Perusahaan saat ini ingin mempekerjakan seseorang yang tidak hanya pandai berbicara, tetapi dapat menunjukkan keterampilan mereka. Resume online dapat menunjukkan pemahaman dan meningkatkan kreativitas serta inisiatif kamu.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat portofolio online yang sempurna, seperti dikutip dari Hercampus, Senin (30/12/2019)

milenial

1. Sertakan informasi dasar

Salah satu hal terpenting yang harus dimasukkan portofolio online kamu adalah informasi dasar. Biasanya berisi informasi kontakmu saat ini, yang disimpan dalam bentuk PDF, dan masukkan tautan beberapa media sosial apa pun yang kamu miliki. Mungkin juga bermanfaat jika dimasukkan ke dalam bagian “Tentang Aku”, satu atau dua paragraf yang memperkenalkan diri kepada perusahaan. Masukkan informasi tentang di mana kamu sekolah, minat apa yang kamu miliki, dan pengalaman unik apa saja yang kamu pernah alami, seperti pekerjaan sukarela atau perjalanan. Jadilah otentik dalam menulis biodata, jangan terlalu kaku.

2. Tidak masalah untuk pamer

Portofolio online atau CV online jauh lebih kreatif daripada resume biasa, jadi tidak apa-apa untuk merinci pencapaian yang telah kamu capai. Kamu bahkan dapat menulis tentang postingan di akun blog kamu, yang sudah terkenal. Jika kamu membantu menyelenggarakan acara sukarela, atau belajar di luar negeri, tulislah tentang itu. Kalau bisa sertakan foto untuk bukti kamu pernah melakukan semua hal tersebut.

Kalau kamu pernah memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi? sertakan saja, lalu juara-juara yang telah kamu raih, dan masih banyak lagi. Hal ini dilakukan agar perusahaan yakin untuk mempekerjakan kamu di perusahaannya.

Baca Juga: 5 Cara Mencari Kerja Tanpa Internet

3. Portofolio online harus mencerminkan diri kamu

Jadilah kreatif dalam memilih warna, font, dan tata letak dengan tetap mempertahankan tampilan profesional. Kamu ingin portofolio yang menonjol dan membuat kamu berbeda dari kebanyakan orang. Perlu diingat, jika kamu ingin mencapai keseimbangan sempurna antara profesionalisme dan kreativitas. Jauhi sesuatu yang terlalu berani atau berisiko dan membuat portofolio online kamu terlihat berantakan atau terlalu remaja. Warna-warna seperti biru tua atau merah marun selalu terlihat profesional jika Anda ingin menambahkan sembulan warna.

mile

4. Selektif

Meskipun portofolio online adalah alat yang hebat untuk membangun di atas resume kamu, itu tidak berarti kamu harus memasukkan seluruh kisah hidupmu ke dalamnya. Ingatlah bahwa apa yang kamu masukkan di internet adalah permanen dan dapat secara negatif memengaruhi peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan itu. Jaga bahasa dan nada, lalu perhatikan apa yang cocok dan tidak sesuai untuk portofolio online.

Apa kamu sedang melamar pekerjaan atau tidak, membangun portofolio online sangat penting dalam dunia kerja. Di dunia kerja yang terlalu jenuh, kamu bisa melakukan apa saja untuk memamerkan keterampilan terbaikmu, dan portofolio online bisa menjadi senjata rahasianya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini