nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

New Delhi Alami Hari Terdingin dalam Satu Abad Terakhir

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 14:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 31 18 2147819 new-delhi-alami-hari-terdingin-dalam-satu-abad-terakhir-J52qOFDt3p.jpg Foto: Reuters.

NEW DELHI - Ibu kota India, New Delhi, telah mencatat hari paling dingin dalam lebih dari satu abad di tengah gelombang dingin hebat yang melanda bagian utara negara itu. Kabut tebal menyelimuti kota itu pada Senin karena suhu maksimum siang hari turun menjadi 9,4C dan tingkat polusi yang memuncak.

Menurut departemen meteorologi India, Delhi mulai mencatat suhu udaranya pada 1901 dan rekor terdingin sebelumnya ditetapkan pada 9.8C yang terjadi pada 2 Januari 2013. Suhu maksimum harian di sebagian besar wilayah utara turun 10C di bawah normal.

Hampir 200 tempat penampungan malam di New Delhi telah terisi ketika para tunawisma di kota itu mencari perlindungan dari hawa dingin yang menggigit. Dalam beberapa hari terakhir suhu minimum di Delhi tetap berada di antara 1C dan 3C.

Rencana liburan warga jadi kacau karena 30 kereta dan lebih dari 450 penerbangan ke dan dari Delhi ditunda pada Senin karena visibilitas yang rendah. Beberapa penerbangan juga dibatalkan, demikian diwartakan BBC, Selasa (31/12/2019).

Visibilitas yang buruk juga mempengaruhi lalu lintas jalan di kota.

Kualitas udara kota, yang biasanya buruk di musim dingin, melewati kategori parah ketika indeks kualitas udara (AQI) melewati batas 450. Pejabat cuaca memperkirakan udara dingin akan berlanjut di Delhi sampai Selasa tetapi dengan "intensitas yang berkurang".

Gelombang dingin juga telah melanda sebagian besar negara bagian utara Uttar Pradesh, Haryana dan Punjab, di mana banyak tempat melihat suhu maksimum hari turun di bawah 10C pada Senin.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini