nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ganjar Siap Kirim Bantuan untuk Tangani Banjir Jakarta

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 03 Januari 2020 01:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 02 512 2148703 ganjar-siap-kirim-bantuan-untuk-tangani-banjir-jakarta-pXQrvbtPw9.jpeg Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto : iNews/Taufik Budi)

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyatakan siap memberikan bantuan untuk penanganan banjir di Jakarta. Sejumlah personel, peralatan, dan logistik siap dikirimkan ke daerah-daerah yang terkena bencana banjir tersebut.

Hal itu disampaikan Ganjar saat meninjau rumah pompa di Kali Sringin Kota Semarang, Jateng, Kamis (2/1/2020). Prinsipnya, ia mengatakan, Jateng selalu standby dan siap apabila diminta membantu daerah lain.

"Kami prinsipnya standby. Kalau dibutuhkan, kami siap kirim personel ke Jakarta dan sekitarnya. Apalagi ini kan jaraknya dekat," kata Ganjar.

Menurut dia, pengiriman pasukan untuk membantu bencana ke berbagai daerah sudah sering dilakukan. Saat bencana di Lombok, Sigi, Palu, dan daerah lainnya, Jateng juga bergerak mengirimkan personel dan bantuan lainnya.

Banjir Masih Merendam Kawasan Mampang Pela

"Kami siap memberikan bantuan sebagai suatu bentuk bahwa sakitnya kita semuanya," tuturnya.

Ganjar meminta semua masyarakat untuk menghentikan caci maki dan hujatan kemarahan terkait bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya.

"Hentikan caci maki, marah-marah. Mari kita perbanyak gotong royong untuk menolong. Jateng siap membantu jika dibutukan di Jakarta, Depok, Tangerang dan sebagainya. Personel kami sudah siap, sebagian kami siapkan untuk standby di Jateng," ucapnya.


Baca Juga : Jumlah Korban Tewas Akibat Banjir Jabodetabek Bertambah Jadi 30 Orang

Sekadar diketahui, bencana banjir melanda sebagian wilayah di Jakarta, Depok dan Tangerang. Ketinggian air menyebabkan ribuan orang terpaksa mengungsi.

Terbatasnya personel membuat penanganan banjir di berbagai daerah itu menjadi terhambat. Selain itu, curah hujan yang tinggi membuat genangan semakin meluas.

“Kalau logistik saya yakin Jakarta sudah siap. Yang dibutuhkan sekarang kan mungkin personel. Tapi kalau memang dibutuhkan logistik juga, kami siap bantu," tutur Ganjar.


Baca Juga : Kisah Korban Banjir Ciledug, Kelaparan 2 Hari dan Minum Air Hujan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini