IPB Kembangkan Minuman dari Ekstrak Kumis Kucing

Hairunnisa, Okezone · Jum'at 03 Januari 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 03 65 2148825 ipb-kembangkan-minuman-dari-ekstrak-kumis-kucing-mcsDDAwsXU.jpg Kampus IPB (Foto: Dok. IPB)

JAKARTA – Tanaman Kumis Kucing memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Melihat potensi tersebut, IPB University mengembangkan minuman fungsional dari ekstrak tanaman kumis kucing.

Menurut Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan IPB University Prof Erika B Lakoni menyampaikan, langkah ini merupakan langkah maju untuk pengembangan inovasi peneliti perguruan tinggi menuju komersialisasi produk.

Baca Juga: IPB Siap Terima 4.100 Mahasiswa pada Tahun Ajaran 2020

Sebelumnya dalam business gathering, Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset Nasional, Prof Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa ke depan hasil riset tidak terbatas pengembangan ilmu atau menghasilkan lulusan saja. Tidak terbatas menghasilkan jurnal akan tetapi riset harus bisa dinikmati masyarakat melalui kerjasama dengan industri. IPB pun menggandeng perusahaan swasta dalam mengembangkan minuman kumis kucing tersebut.

“Kerjasama ini tidak hanya langsung produksi, namun ada tahap pengembangan inovasi bersama. Semoga kerjasama ini akan memiliki dampak dan impact positif,” kata Prof Bambang, seperti dikutip dari laman IPB, Jumat (3/1/2020).

 ipb

Sebelumnya, IPB University juga telah bekerjasama dalam hal pengembangan kebun temulawak yang ada di Sukabumi 12 hektare. Awalnya kerjasama dengan IPB University yakni Pusat Studi Biofarmaka. Kerja sama dilakukan dengan pihak swasta karena di industri farmasi harus memiliki uji klinis, sementara tidak semua pihak swasta memiliki laboratorium uji klinis.

Sebagai inovator, Prof Hanny menyampaikan, seringkali industri tidak mau kerjasama karena tidak melihat produk inovasinya. "Inovasi ini merupakan hasil riset pro Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Inovasi ini yang pertama secara institusional bekerjasama dengan industri,” ucap dosen IPB University ini.

Kata kunci: Kumis kucing, minuman fungsional, Prof Hanny Wijaya, IPB University, dosen IPB University.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini