nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Buat Resume saat Melamar Kerja, Fresh Graduate Wajib Simak!

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 06:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 03 65 2148949 ini-cara-buat-resume-saat-melamar-kerja-fresh-graduate-wajib-simak-lG4S2rQEZO.jpg Lowongan Kerja (Shutterstock)

JAKARTA - Resume merupakan salah satu alat komunikasi dan pemasaran yang paling kuat yang akan kita temui selama karier akademik dan profesional kita. Menulis resume yang baik seperti menerapkan konsep bisnis yaitu branding, pemasaran, komunikasi dan presentasi.

Akan tetapi, harus diingat tujuan resume adalah agar kita diwawancara saat melamar kerja nanti. Resume juga merupakan kesempatanmu untuk mengunggulkan diri, yang membuatmu berbeda dengan pesaing. Resume yang bagus membantu mendefinisikan dirimu.

 Baca juga: 13 Trik Mengasah Mental yang Kuat, Agar Tak 'Jet Lag' dari Dunia Kampus

Tanyakan pada dirimu sendiri jenis pekerjaan apa yang akan kamu cari? Apa yang akan menjadi pemecah kesepakatan? Cobalah memahami apa yang memotivasi perusahaan untuk menerimamu sebagai pegawainya. Meninjau resume kamu merupakan salah satu langkah pertama dari proses penyaringan.

 Lamaran Kerja

Melansir Campus News, Jakarta, Sabtu (4/1/2020), ada tiga pertanyaan yang pewawancara tanyakan pada pelamar: Apakah kandidat bisa bekerja dalam tim? Apakah kandidat bersedia untuk memperoleh keterampilan baru? Apakah kandidat bekerja dengan baik untuk perusahaan?

 Baca juga: 5 Cara Mempersiapkan Diri sebelum Lulus Kuliah

Ketika sebuah perusahaan mencari karyawan baru, mereka memandang calon tersebut sebagai investasi. Seiring berjalannya waktu, atasanmu akan memberikan kompensasi dan melatihmu dengan harapan bahwa kamu akan meneruskan misi mereka.

Gunakan resume kamu untuk menarik minat suatu perusahaan. Tunjukkan pada mereka bahwa kamu adalah orang yang layak dan pantas untuk bekerja di sana. Tunjukkan pada mereka bahwa kamu peduli dengan perusahaan mereka.

 Baca juga: Kuliah Jurusan Budidaya Ikan, Tantangannya seperti Apa?

Di zaman sekarang ini ada kecenderungan untuk mengabaikan detail. Pastikan resume kamu disesuaikan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Dengan segala cara, jangan mengirim resume yang dirancang untuk pekerjaan di bidang medis ke perusahaan di bidang hukum.

Bagaimana seseorang dapat secara logis menyimpulkan bahwa perekrutan kamu akan menjadi investasi yang hebat jika kamu dianggap tidak mengetahui jenis pekerjaan yang kamu lamar?

Di mana pun kamu berada dalam kariermu, tunjukkan kepada pemberi kerja bahwa kamu bersedia untuk belajar, tumbuh, dan dibentuk. Hindari menggunakan kata-kata seperti "kami". Kata-kata ini memiliki kecenderungan untuk mendorong orang lain menjauh.

Coba gunakan angka sebanyak mungkin. Angka membantu menggambarkan hasil. Alih-alih menulis "bekerja pada proyek TI" coba sesuatu di sepanjang baris "bekerja pada proyek TI tiga bulan dengan enam anggota tim".

Dalam satu kalimat tersebut dapat diartikan bahwa kamu dapat berkomitmen untuk upaya jangka panjang dalam sebuah tim pengaturan, yang persis apa yang dicari perusahaan.

Tentu saja gunakan tata bahasa dan tanda baca yang tepat. Gunakan kata-kata berdampak tinggi seperti terorganisir dan dikelola bersama dengan referensi numerik.

Resume yang memiliki ruang terbatas sama berharganya dengan properti di tepi pantai. Manfaatkan resume kamu sebaik-baiknya. Biasakan berpikir "apa pemikiran orang yang akan saya hadapi?" Dan "apa yang akan memotivasi mereka untuk membuat keputusan yang menguntungkan saya?".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini