nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Jadi Karyawan Terbaik? Kuasai 7 Skill Ini

Hairunnisa, Jurnalis · Jum'at 03 Januari 2020 17:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 03 65 2148974 mau-jadi-karyawan-terbaik-kuasai-7-skill-ini-0UDanQjURJ.jpg Pekerja (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Jika kamu membaca tulisan ini, mungkin sekarang kamu berada di tahap kehidupan yang sering disebut dengan "dewasa". Pada masa ini, kamu harus mengurus semuanya serba sendiri, salah satunya adalah melamar sebuah pekerjaan.

Kamu tidak perlu khawatir dengan pekerjaan yang akan kamu lamar atau bagaimana menyesuaikan diri di kantor. Sebelum melamar pekerjaan, kamu hanya perlu memiliki keterampilan agar bisa diterapkan pada pekerjaanmu nanti.

Mengutip dari hercampus, Jumat (3/1/2020), berikut ini adalah 7 keahlian yang harus kamu miliki agar menjadi karyawan yang lebih baik, tanpa peduli apapun pekerjaannya.

Baca juga: Indeks Pembangunan Manusia RI di Bawah Rata-Rata ASEAN

1. Komunikasi

Di setiap pekerjaan, kamu harus berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, apakah itu rekan kerja, bos, atau pelanggan . Penting untuk dapat mendengarkan, berbicara, dan menulis dengan jelas.

Sejauh komunikasi berlangsung, itu adalah salah satu keterampilan sederhana yang paling penting, yang juga harus dapat dimiliki oleh seorang karyawan. Saat ini terutama pengusaha, sedang mencari individu yang berpengetahuan luas, tidak hanya memiliki keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan interpersonal untuk dapat bekerja di lingkungan apa pun.

Tidak masalah pekerjaan atau posisi apa itu karena karena dalam situasi apa pun, seorang karyawan akan menemukan berbagai contoh interaksi manusia sehingga mereka harus mampu menangani dan menanganinya dengan baik.

kerjasama

2. Teamwork atau Kerjasama Tim

Sebagian besar pengaturan pekerjaan memerlukan beberapa bentuk kerja sama dengan rekan kerja, terkadang dalam bentuk kerjasama tim.

Karyawan tidak hanya dapat bekerja dalam tim untuk mencapai tujuan bersama, tetapi juga mengeluarkan ide yang terbaik dari anggota tim.

Banyak perusahaan dan pengusaha bersiap menuju lingkungan yang di mana masing-masing tim memiliki anggota karyawan yang beragam dengan keahlian yang berbeda untuk menyelesaikan tugas secara efisien dan mencapai tujuan.

3. Keterampilan menganalisis dan memecahkan masalah

Karena kecerdikan dan kemandirian sangat dihargai di tempat kerja, setiap karyawan harus dapat memikirkan cara-cara kreatif untuk menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Pengusaha mencari individu dengan keterampilan ini sehingga mereka tidak hanya dapat memiliki pikiran paling tajam dalam tim mereka, tetapi juga untuk memastikan bahwa karyawan ini tidak membutuhkan banyak panduan untuk menyelesaikan tugas mereka.

Baca juga: Penyerapan Tenaga Kerja Turun karena Manusia Mulai Digantikan Robot

4. Jiwa Kepemimpinan

Meskipun kamu tidak langsung duduk di posisi manajer saat lulus masuk ke perusahaan. Kamu tidak perlu ragu untuk memamerkan bakat kemimpinanmu. Kualitas-kualitas ini termasuk kemampuan untuk mendelegasikan tugas, memotivasi orang lain dan menumbuhkan semangat untuk perusahaan.

Keterampilan kepemimpinan yang kuat berarti individu tersebut berpengetahuan luas. Ini menunjukkan bahwa mereka dapat memotivasi rekan kerja mereka untuk melakukan pekerjaan mereka dan bersemangat tentang hal itu.

kerja

5. Fleksibilitas dan Kemampuan Beradaptasi

Tidak semua dalam hari kerja akan selalu berjalan sesuai rencana. Misalnya, rapat mungkin bisa tiba-tiba dibatalkan pada menit terakhir atau atasan meminta kamu untuk segera melaporkan tugas ke mejanya. Mampu beradaptasi dengan perubahan seperti itu menunjukkan bahwa Anda siap dan dapat diandalkan.

Tidak peduli apa pun jenis lingkungan kerja di mana kamu berada, akan ada saat ketika hal-hal akan berubah secara tiba-tiba dan, sejujurnya dalam banyak situasi seperti ini tidak mungkin sepenuhnya siap untuk mengatasinya. Namun, karyawan yang memiliki kepercayaan diri pada keterampilan mereka yang mereka miliki, yang bisa melakukannya dengan menggerakkan kerjasama tim yang baik.

6. Motivasi Diri

Atasan tidak akan selalu berada di atas kamu untuk melakukan pekerjaan atau tetap memotivasi untuk menyelesaikan tugas secara tepat waktu. Menjadi produktif dengan sedikit pengawasan menunjukkan bahwa kamu dapat bekerja secara independen agar atasan dapat percaya bahwa kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sendiri.

Pengusaha menginginkan individu yang bersedia membantu perusahaan mencapai tujuannya, serta melampaui apa yang diharapkan dari mereka.

kerja

7. Mahir menggunakan Teknologi

Kita hidup di zaman ketergantungan teknologi yang berkembang , hampir setiap orang memiliki smartphone dan komputer. Banyak tugas sehari-hari menjadi otomatis dan perusahaan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memasuki ruang pelanggan baru dan mempublikasikan keberhasilan mereka.

Dengan berkembangnya teknologi di tempat kerja, karyawan diharuskan memiliki latar belakang dasar dalam keterampilan komputer, serta pemahaman tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk memajukan kinerja profesional mereka.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini