Sering Banjir, Ini Pengenalan Bencana Ekstrem di Indonesia

Hairunnisa, Okezone · Jum'at 03 Januari 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 03 65 2149067 sering-banjir-ini-pengenalan-bencana-ekstrem-di-indonesia-Qw4zx0DpOv.jpg Banjir (Okezone)

JAKARTA - Akhir-akhir ini Indonesia telah mengalami berbagai bencana di antaranya adalah gempa bumi, letusan gunung, tsunami, cuaca ekstrem, dan yang terbaru adalah bencana banjir. Banjir beberapa waktu ini terjadi di kawasan Jabodetabek dan juga Banten yang telah menelan korban jiwa.

"Indonesia termasuk negara yang rawan bencana alam. Pendidikan mitigasi bencana penting untuk #SahabatDikbud ketahui," tulis akun Instagram resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan @kemdikbud.ri, Jumat (3/1/2020).

 Baca juga: Komisi X Minta Penjelasan Rinci Nadiem soal Metode Pengganti UN

Oleh sebab itu, perlu tahu pengertian bencana, yaitu suatu kejadian atau rangkaian kejadian yang menyebabkan kematian atau kerugian yang luar biasa di mana masyarakat membutuhkan bantuan dari pihak luar. Kejadian bencana bisa dipicu oleh peristiwa alam, tindakan manusia atau kombinasi keduanya.

 Banjir

Selain pengertian tersebut, bencana juga memiliki pengertian sebagai rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan faktor manusia. Sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

 Baca juga; Ini yang Akan Ditanya Komisi X DPR ke Mendikbud Nadiem Makarim saat Raker

Kemendikbud memberikan beberapa bayangan mengenai bahaya bencana yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki gunung aktif terbanyak di dunia, yaitu sebanyak 127, di mana beberapa di antaranya merupakan letusan gunung api terkuat yang pernah terjadi di Indonesia.

Indonesia juga merupakan daerah lawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Biasanya beberapa wilayah yang terkena bumi dengan kekuatan lebih, akan menimbulkan tsunami.

 Baca juga: Siang Ini, DPR Panggil Mendikbud Nadiem Makarim soal Penghapusan UN

Hal ini dikarenakan Indonesia yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia yang juga menyebabkan sebagian besar sebagian kawasan pesisir pantai rawan terkena tsunami.

Selain 3 bencana terbesar tersebut ada pula bencana tanah longsor, banjir, dan cuaca ekstrem, kekeringan, kebakaran lahan dan hutan, serta abrasi dan gelombang ekstrem, hal ini disebabkan oleh iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia. Pesatnya pembangunan dan pertumbuhan penduduk menyebabkan Indonesia berpotensikan ancaman kecelakaan industri dan wabah penyakit.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini