nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bea Cukai Sumbang 29% dari Total Penerimaan Perpajakan pada 2019

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 14:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 04 1 2149238 bea-cukai-sumbang-29-dari-total-penerimaan-perpajakan-pada-2019-UXFq3TzWPg.JPG Tim Bea Cukai (Foto: Bea Cukai)

JAKARTA - Perwujudan menuju bangsa yang bermartabat, menjadikan perbedaan sebagai sumber kekuatan. Bersemangat untuk menyejahterakan rakyat, Bea Cukai memegang amanah sebesar 29% yang merupakan bentuk sumbangsih dari total penerimaan perpajakan pada 2019.

Tak hanya itu, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, secara berturut-turut Bea Cukai berhasil mencapai penerimaan diatas target yang telah ditetapkan. Dari target penerimaan sebesar Rp208.82 triliun, Bea Cukai berhasil menorehkan total capaian sebesar 102.2% atau setara Rp4.55 triliun.

1

Pesatnya persaingan global dalam hal perdagangan, Bea Cukai berinovasi hadirkan peranan. Menghadapi tuntutan era industri 4.0, Bea Cukai senantiasa antisipasif dengan memanfaatkan teknologi terkini berupa inovasi Ceisa 4.0. Sistem prosedur yang efektif dan efisien, menjadikan intensi kelancaran arus barang dan dokumen serta kemudahan berbisnis di indonesia menjadi komitmen.

Membangun Indonesia dari pinggiran sebagai pelaksana nawacita, Bea Cukai menghadirkan pusat logistik berikat bahan pokok di perbatasan. Di bidang industri, Bea Cukai bergerak untuk pertumbuhan ekonomi negeri.

Fasilitas kawasan berikat mandiri merupakan langkah yang tepat dalam menarik investasi dan menstimulus peningkatan produktivitas dengan proses pelayanan rutin secara mandiri oleh pelaku usaha. Ceisa proses bisnis juga terus dikembangkan bersama direktorat jenderal pajak untuk lebih mempermudah kawasan berikat menjalankan usahanya, mulai dari proses perizinan, operasional pemasukan dan pengeluaran barang, asistensi, monitoring dan evaluasi serta proses audit di kawasan berikat.

Dalam upaya meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah, Bea Cukai telah memberikan fasilitas pabean kepada IKM berbahan baku lokal , menyederhanakan perizinan dan mengembangkan aplikasi kemudahan import tujuan ekspor melalui terobosan e-kite.

Sementara itu, dalam menunjukkan peran bangsa di tengah persaturan dunia, Bea Cukai turut aktif menjalani relasi. Berbagai kerja sama internasional merupakan langkah pasti menjadikan Bea Cukai sebagai institusi terkemuka di dunia. Bea Cukai mengaku tak pernah berjuang sendiri, senantiasa mengedepankan sinergi bersatu padu di bawah naungan NKRI. (ADV)

(wil)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini