Polemik Kasus Reynhard, Bagaimana Kehidupan Kuliah di Inggris?

Hairunnisa, Okezone · Rabu 08 Januari 2020 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 07 65 2150328 polemik-kasus-reynhard-bagaimana-kehidupan-kuliah-di-inggris-8qTlCx60Pv.jpg Reynhard Sinaga (Foto: Okezone.com/Facebook)

JAKARTA - Kasus Reynhard Sinaga yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh Pengadilan Manchester, Inggris, membuat banyak orang terbelalak. Reynhard tercatat sebagai mahasiswa di dua kampus.

Terlepas dari kasus yang menyita perhatian publik, bagaimana sih kehidupan kuliah di Inggris?

Mengutip dari panduan Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK), Rabu (8/1/2020), menjalani hidup di UK memang cukup berbeda dibandingkan dengan Indonesia.

Baca Juga: Korban Pemerkosaan Sebut Reynhard Sinaga Bersahabat, Hakim Bilang Predator Seksual Setan

Namun jangan khawatir, culture shock bisa segera menghilang ketika Anda mulai berbaur dengan masyarakat lokal. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini sehingga nanti ketika pulang ke Indonesia, kalian sudah punya segudang pengalaman menarik. "Yang paling penting: Kuliah," tulis panduan PPI UK.

Kuliah di UK dapat dikatakan lebih santai dibandingkan di Indonesia. Secara kuantitas memang lebih sedikit kelas (atau SKS), tetapi sangat mengedepankan kualitas. Biasanya semua mata kuliah sudah ditetapkan di awal tahun akademik dan tugas-tugas juga sudah dijabarkan sejak awal tahun, sehingga kalian bisa menyusun jadwal dari jauh-jauh hari.

Reynhard

Nilai biasanya terbagi atas assignments/coursework, small exam, dan summer exam (yang ini biasanya paling besar bobotnya). Jadwalnya biasanya sudah jelas dari berbulan-bulan sebelumnya. Universitas-universitas sudah didukung Virtual Learning Environment sehingga kalian bisa mendownload berbagai materi kuliah langsung, serta menerima berbagai update dari universitas serta memantau nilai-nilai kalian.

Perpustakaan?

Perpustakaan dapat dikatakan sangat lengkap, ditambah dengan koleksi artikel jurnal digital yang melimpah. Manfaatkanlah berbagai fasilitas akademik di kampus kalian untuk menimba ilmu sebanyak mungkin dan lulus dengan grade First + Distinction!

Ekstrakurikuler di UK?

Selain hal akademis, setiap universitas memiliki berbagai macam kegiatan ekstrakulikuler yang beragam. Ada yang masih berhubungan dengan kuliah, seperti Medicine Society, Finance Society, Biology Society etc. Ada yang berhubungan dengan hobi, seperti Photography Society, Fashion Society, dan Hiking Society.

Reynhard

Ada yang berhubungan dengan background negara dan suku, seperti Indonesian Society, Asian Society, African Society, Culture Society, etc. Atau untuk olahraga ada Football Society, Rugby Society, Trampolining Society, etc.

Bahkan ada yang aneh-aneh, seperti Skydiving Society, Scuba Diving Society, Baking Society, bahkan Harry Potter Society.

"Kesempatan yang sangat baik untuk mencoba hal-hal baru dan bertemu teman-teman dari berbagai negara," tulis panduan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini