Kuliah di Inggris? Lapor Diri di KBRI London

Hairunnisa, Okezone · Rabu 08 Januari 2020 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 07 65 2150384 kuliah-di-inggris-lapor-diri-di-kbri-london-ADHmEKL2n3.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia, Reynhard Sinaga, tidak hanya menggegerkan Inggris. Akibat ulahnya yang melakukan pemerkosaan terselubung selama rentang waktu dua setengah tahun dari 1 Januari 2015 sampai 2 Juni 2017.

Akibatnya dia dihukum seumur hidup oleh Pengadilan Manchester, Inggris atas kasus 159 kasus perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, setiap WNI yang berada di United Kingdom diharapkan untuk melakukan lapor diri ke KBRI London. "Dengan Lapor Diri, KBRI bisa mendata jumlah WNI di UK, serta dapat bertindak lebih cepat apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," demikian seperti dikutip dari panduan kuliah di United Kingdom (UK) dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di UK, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Berencana Kuliah di Inggris? Visa Pelajar Indonesia Kini Dipermudah

Menurut panduan PPI UK, lapor diri sangatlah mudah, cukup hadir di KBRI London ataupun bisa melalui Pos, serta bisa juga saat Fungsi Konsuler membuka Warung Konsuler di kota/acara tertentu.

Selain itu, untuk saling melengkapi data dan juga untuk melihat statistik khusus pelajar Indonesia di UK, Atase Pendidikan KBRI London juga mengharapkan para pelajar dapat mengisi formulir online.

Menikmati Hidup

Untuk para pelajar yang merantau di negeri jauh, berkumpul dengan sesama mahasiswa Indonesia ditemani makanan Indonesia adalah surga dunia. Tergantung di mana kota kalian, biasanya daerah pinggir kota menyediakan pemandangan-pemandangan yang indah, dari perbukitan hijau, sungai-sungai kecil, kebun bunga, dan domba serta sapi yang berkeliaran.

mahasiswa

Kota kalian juga biasanya memiliki museum dan kastil untuk dikunjungi. Untuk hiburan singkat, biasanya mahasiswa UK berakhir pekan dengan pergi ke pub, bar atau night club.

"Jika kalian tidak minum minuman beralkohol, jangan khawatir karena tempat-tempat tersebut juga menyediakan jus, air putih, minuman bersoda dan mocktails," tulis panduan tersebut.

Kuliah sambil Menikmati Inggris

Untuk yang ingin berakhir pekan panjang atau liburan, UK juga punya banyak tempat untuk dikunjungi. Yang suka dengan sejarah UK, bisa berkunjung ke berbagai kastil, seperti Buckingham Palace, Windsor Castle dan Edinburgh.

Gereja dan katedral di sana juga sangat tua dan indah, seperti Westminster Abbey dan York Minster. Tidak lupa situs prasejarah Stonehenge yang melegenda. Tempat mandi para kaisar Roma di Roman Bath juga tidak bisa dilewatkan.

mahasiswa

Yang suka menikmati alam, bisa mengunjungi Lake District dan Loch Ness (dan monster Nessie jika beruntung) untuk melihat danau indah di UK. Yang suka mendaki gunung, wilayah Peak District merupakan tempat yang cukup mudah untuk pemula. Gunung-gunung di Wales dan Scottish Highlands lebih menantang lagi untuk didaki.

Bagi kalian yang suka berjemur di pantai (walaupun jarang sekali UK cuacanya panas), wilayah Cornwall tidak bisa dilewatkan. Untuk yang suka ke theme park, jangan lupa di UK sudah ada Warner Bros Studio untuk melihat Harry Potter yang memang Inggris sekali, atau ke Thorpe Park untuk menguji adrenalin kalian.

Dan jangan lupa untuk mencoba kuliner-kuliner lokal seperti Fish & Chips, Steak & Kidney Pie, Haggis, Lancashire Hot Pot, dan Cornish Pasty.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini