Kasus Reynhard, Citra Mahasiswa Indonesia yang Kuliah di Leeds Ikut Terimbas

Irene, Okezone · Rabu 08 Januari 2020 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 65 2150673 kasus-reynhard-citra-mahasiswa-indonesia-yang-kuliah-di-leeds-ikut-terimbas-yKm5VCVs8K.jpeg Mahasiswa (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Reynhard Sinaga yang terbukti melakukan pemerkosaan dan serangan seksual memberikan dampak terhadap nama baik Indonesia. Hal ini dirasakan oleh Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom Arif Rohman.

Arif Rohman yang juga menempuh pendidikan di universitas yang sama dengan Reynhard Sinaga yaitu Universitas Leeds mengatakan, dari booming-nya kasus ini sangat memberikan dampak pada penyebutan nama Indonesia di Inggris.

Baca Juga: Kasus Reynhard Sinaga, Pemantauan Mahasiswa RI di Inggris Ditingkatkan

"Kami, pelajar di Leeds terutama, sadar bahwa pasti akan ada efek dari kasus ini. Saya pribadi merasakan mungkin jika menyebut nama Indonesia, akan langsung teringat kasus ini," jelas Arif kepada Okezone, Rabu (7/1/2020).

Arif juga mengatakan dirinya bersama rekan PPI mengecam keras tindakan yang dilakukan Reynhard Sinaga. Pihaknya mengkategorikan tindakan Reynhard sebagai kejahatan luar biasa.

Reynhard

"Saya dan rekan-rekan melihatnya sebagai sebuah kejahatan yang luar biasa, dan kami mengecam tindakan tersebut," kata Arif.

Sementara itu dirinya juga menjelaskan mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Universitas Leeds sedang berusaha menyelidiki kasus ini secara mendetail.

Baca Juga: Kuliah di Inggris? Lapor Diri di KBRI London

"Secara keseluruhan, saya bisa katakan bahwa pelajar di Inggris, terutama d Leeds shock atas apa yang terjadi, dan berusaha untuk mencari tahu kasus ini secara menyeluruh," tutup Arif.

Sebelumnya Arif memaparkan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) telah mengambil langkah antisipasi dengan menggiatkan program pemantauan keselamatan pelajar Indonesia di Inggris. Upaya ini diiringi dengan dibukanya layanan konsultasi wellbeing melalui unit kesehatan yang berisi tenaga medis.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini