Sofyan Djalil: Ciptakan Sekolah yang Menyenangkan agar Murid Nyaman

Irene, Okezone · Rabu 08 Januari 2020 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 65 2150796 sofyan-djalil-ciptakan-sekolah-yang-menyenangkan-agar-murid-nyaman-pH8KMuc9ly.jpg Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala BPN Sofyan A. Djalil menjadi pembicara dalam Seminar Pendidikan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Dalam seminar ini dirinya memaparkan banyak tentang dunia pendidikan dan anak-anak.

Dalam kesempatannya, Sofyan A. Djalil yang hadir sebagai pendiri Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation (IHF) menjelaskan kepada para guru serta orang tua yang hadir dalam seminar bahwa sekolah yang menyenangkan akan membentuk pribadi anak menjadi lebih baik.

Baca Juga: Kisruh Pengadaan Meja dan Bangku, Kepala Sekolah SD Bekasi Mendadak Diganti

"Ciptakan sekolah yang menyenangkan, guru yang tidak galak sehingga murid akan nyaman belajar di sekolah," ujar Sofyan A. Djalil, seperti dikutip Okezone dari keterangan postingan @kementerian.atrbpn, Rabu (8/1/2020)

Selain itu Sofyan juga berpesan pentingnya memberikan apresiasi kepada anak tidak hanya ketika mereka berhasil. Ketika anak mengalami kegagalan, Sofyan menilai orang tua harus tetap memberi dorongan berupa apresiasi.

sekolah

"Memberikan apresiasi kepada anak tidak hanya dilakukan ketika anak berhasil. Bahkan ketika gagal mencapai sesuatu, tetap berikan dorongan semangat berupa apresiasi," kata Soyfan.

Jika hal ini dilakukan dengan baik, Sofyan menilai anak-anak akan menjadi nyaman untuk menempuh studinya di sekolah. "Maka kita juga harus memperbaiki hati dalam mendidik anak serta berikan kasih sayang maka anak akan menjadi nyaman ke sekolah," tambah Sofyan.

Seminar ini digelar di Aula Buya Hamka Universitas Al Azhar, Jakarta, (08/01/2020) dengan tema Urgensi Pendidikan Adab dalam Mencapai Visi Pendidikan Al Azhar.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini