nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Bandang Terjang Lahat, Rumah Hanyut dan Jalan Nasional Putus

Era Neizma Wedya, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 13:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 09 610 2151014 banjir-bandang-terjang-lahat-rumah-hanyut-dan-jalan-nasional-putus-w1pFfmkzxZ.jpg Banjir Bandang Lahat (Foto: BPBD)

LAHAT - Intensitas hujan yang mengguyuri Kota Lahat dan Kabupaten Pagar Alam, Sumatera Selatan berakibat terjadinya longsor dan banjir bandang melanda empat kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Kamis (9/1/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Marjono mengatakan akibat hujan deras dari semalam hingga pagi ini, membuat akses penghubung Kabupaten Lahat dan Pagaralam di Kecamatan Pulau Pinang untuk saat ini terputus. Beberapa rumah pun dikabarkan hanyut terseret derasnya arus banjir.

“Longsor yang terjadi di Jalan Parekul Desa Pulau Pinang yang merupakan jalan provinsi. Akibat longsor itu juga menimbun satu unit mobil pickup BG 9648 W yang dikemudikan Stefanus (62),” jelasnya.

Banjir Bandang Lahat

Sedangkan banjir melanda Desa Tanjung Sirih dan Lubuk Sepang di Kecamatan Pulau Pinang. Kemudian Desa Sukarame dan Ngulam Baru di Kecamatan Gumay Talang, serta Desa Gunung Kembang di Kecamatan Merapi Timur.

Dampak dari banjir itu juga mengakibatkan Jalan Nasional penghubung Kabupaten Lahat dan Kabupaten Tebing Tinggi di Kecamatan Kikim Timur terputus. Hal ini diakibatkan luapan air Sungai Lematang dan Sungai Kikim.

"Itensitas hujan dari semalam hingga pagi ini membuat beberapa desa mengalami kebanjiran dan terjadi longsor di Jalan Provinsi. Namun hingga saat ini belum ada laporan terkait kerusakan dan korban jiwa,” jelasnya.

Ditambahkan lagi oleh Marjono saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), SAR, Polri, TNI dan Pemkab Lahat sudah bergerak menuju lokasi bencana. Pihaknya tengah mengecek kondisi warga terdampak banjir dan longsor.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini