nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Bandang di Lahat Putus Akses Komunikasi

Melly Puspita, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 13:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 09 610 2151018 banjir-bandang-di-lahat-putus-akses-komunikasi-GqmQfFca2Z.jpg Banjir Bandang Lahat (Foto: BPBD)

PALEMBANG - Curah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi menyebabkan empat Kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) diterjang banjir bandang, Kamis (9/1/2020).

Menurut Kepala Penanganan Kedaruratan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, pihaknya hingga saat ini belum bisa meng-update data terkait banjir bandang tersebut.

Hal tersebut dilatarbelakangi akses sambungan seluler, medsos dan lainnya sedang mengalami permasalahan teknis di lapangan sehingga sulitnya komunikasi dengan petugas di lapangan.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Lahat, Rumah Hanyut dan Jalan Nasional Putus

"Mohon maaf baru bisa mengakses telepon maupun medsos sehubungan permasalahan teknis. Update untuk kejadian bencana banjir bandang di Kabupaten Lahat belum bisa di-update seluruhnya karena petugas masih di lapangan belum menyampaikan laporan dan sulit akses komunikasi," kata Ansori.

Meskipun begitu, pihaknya menginformasikan bahwa banjir bandang yang menerjang Kabupaten Lahat terjadi pada pukul 04.00 WIB, Kamis (9/1/2020), merendam empat Kecamatan dan satu rumah warga hanyut terseret banjir.

"Di Gumai Talang ada 1 unit rumah hanyut, untuk Kikim Timur belum ada info karena komunikasi belum nyambung, untuk korban jiwa tidak ada sekian info nanti akan di upate sesuai perkembangan," tutup Ansori.

Banjir Bandang Lahat

Seperti diketahui, banjir bandang menerjang Lahat, Sumsel. Banjir tercatat melanda Desa Tanjung Sirih dan Lubuk Sepang di Kecamatan Pulau Pinang. Kemudian Desa Sukarame dan Ngulam Baru di Kecamatan Gumay Talang, serta Desa Gunung Kembang di Kecamatan Merapi Timur.

Dampak dari banjir itu juga mengakibatkan Jalan Nasional penghubung Kabupaten Lahat dan Kabupaten Tebing Tinggi di Kecamatan Kikim Timur terputus. Hal ini diakibatkan luapan air Sungai Lematang dan Sungai Kikim.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini