nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dubes Inggris Bantah Terlibat Demo Terkait Insiden Pesawat Ukraina di Iran

Rizka Diputra, Jurnalis · Minggu 12 Januari 2020 18:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 12 18 2152061 dubes-inggris-bantah-terlibat-demo-terkait-insiden-pesawat-ukraina-di-iran-C0XTKxnpdQ.JPG Dubes Inggris untuk Iran, Rob Macaire (Foto: YouTube)

JAKARTA - Setelah sempat ditahan, Duta Besar Inggris untuk Iran, Rob Macaire membantah dirinya terlibat aksi demonstrasi peringatan korban tragedi pesawat komersil Ukraina yang jatuh dihantam rudal Iran.

Macaire disinyalir ikut hadir saat aksi demonstrasi berlangsung di depan Universitas Amir Kabir, Kota Teheran.

Melalui akun Twitter-nya, @HMATehran, Minggu (12/1/2020), Rob melontarkan bantahannya tersebut.

"Dapat dikonfirmasi bahwa saya tidak ikut serta dalam demonstrasi apapun! Pergi ke sebuah acara yang diiklankan sebagai peringatan bagi para korban tragedi #PS752," tulis Macaire.

Seperti diwartakan, Pemerintah Inggris menganggap penahanan duta besar (dubes) untuk Iran, Rob Macaire sebagai "pelanggaran mencolok hukum internasional".

Twit Rob Macaire

Melansir Reuters, sebelumnya kantor berita Tasnim yang bermarkas di Teheran melaporkan utusan Inggris Rob Macaire ditangkap. Dubes tersebut sempat ditahan beberapa jam di depan Universitas Amir Kabir karena menghasut massa antipemerintah.

"Penangkapan duta besar kami di Teheran tanpa alasan atau penjelasan merupakan pelanggaran mencolok hukum internasional," ujar Dominic Raab.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini