nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Latih Kedisiplinan Siswa Memanajemen Waktu, Ruangguru Gelar Tryout Online Nasional

Minggu 12 Januari 2020 05:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 12 65 2151929 latih-kedisiplinan-siswa-memanajemen-waktu-ruangguru-adakan-tryout-online-nasional-ekkDrsiW1u.jpg Foto: Ruangguru

JAKARTA – Setelah sukses menggelar Tryout Online Nasional di beberapa sekolah, kali ini Ruangguru berkesempatan untuk menggelar event ini di SMP Negeri 158 Jakarta. Tryout Online ini pun disambut antusias oleh para siswa.

Konsultan Pendidikan Ruangguru, Jihan mengatakan, Tryout ini diadakan untuk melatih kedisiplinan siswa dalam memanajemen waktu selama mengerjakan soal-soal. Selain itu, para siswa dapat mengetahui macam-macam soal ujian UNBK yang akan diadakan oleh pemerintah nanti.

“Untuk mata pelajaran yang diujikan pun ada matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan IPA. Persis seperti yang diberikan oleh pemerintah ketika mereka mengikuti UNBK,” ujar Jihan.

“Semakin banyak berlatih mengerjakan soal-soal Tryout, saya juga berharap agar para siswa memperoleh nilai yang memuaskan ketika UNBK sehingga mereka dapat memasuki sekolah tingkat lanjut yang mereka incar,” lanjut Jihan.

Foto: Ruang Guru 

Sementara itu, Humas SMP Negeri 158 Jakarta, Gama Rino, merasa terbantu dengan adanya program Tryout Online Nasional Ruangguru ini. Terlebih, Tryout ini diadakan secara gratis sehingga para siswa dapat memanfaatkan momen ini untuk mengukur kemampuan mereka.

Tryout Online Nasional Ruangguru sangat membantu murid-murid kami karena mayoritas para siswa disini berasal dari kelas menengah ke bawah. Sehingga mungkin murid-murid kami tidak banyak yang mengikuti bimbel di luar sana karena mahalnya biaya,” papar Gama.

Gama juga berharap agar para siswa dapat memanfaatkan aplikasi Ruangguru ini sebagai sarana belajar mereka di rumah menggunakan handphone. “Masih ada tenggang waktu 3 bulan lagi untuk menghadapi UNBK yang akan diadakan bulan April. Semoga para siswa dapat memanfaatkan waktu ini untuk belajar yang sebaik-baiknya, saya berharap agar nilai akhir ujian tahun ini mengalami peningkatan,” pungkas Gama.

Tak hanya pihak sekolah yang merasa terbantu, para siswa pun antusias dengan diadakannya Tryout Online Nasional Ruangguru. Seperti yang dikatakan oleh Muhammad Ilham, siswa SMP Negeri 158 Jakarta bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada Ruangguru karena telah mengadakan Tryout Online di sekolahnya.

Foto: Ruang Guru 

“Bagus banget Ruangguru udah mengadakan Tryout di sekolah kami. Soalnya kami jadi mendapatkan pelatihan untuk menjawan soal-soal UNBK nanti,” ujar Ilham.

Ilham juga merasakan manfaat setelah mengikuti Tryout Online Nasional Ruangguru karena mendapat wawasan yang lebih luas. Tak hanya itu, Ilham juga bisa mengetahui seperti apa soal yang akan dihadapinya saat UNBK nanti.

“Meskipun matematika menjadi mata pelajaran yang saya anggap paling susah serta nilai yang tidak memuaskan, saya justru termotivasi untuk belajar lebih giat lagi supaya bisa masuk SMA Negeri,” pungkasnya.

Sementara itu, Ratna Mayasaroh yang juga merupakan siswi dari SMP Negeri 158 mengaku akan lebih teliti lagi dalam mengerjakan soal-soal Tryout. Siswi yang juga takut dengan mata pelajaran Matematika ini akan lebih giat mendalami soal-soal ujian.

“Semoga nanti hasil Tryoutnya bisa membawa kita untuk mengerjakan soal UNBK. Dan buat Ruangguru, semoga contoh soalnya juga bisa diperbanyak,” pungkasnya. (adv)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini