nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikuti Tryout Online Nasional Ruangguru, Siswi Ini Dapat Nilai Tertinggi di Sekolah

Minggu 12 Januari 2020 06:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 12 65 2151937 ikuti-tryout-online-nasional-ruangguru-siswi-ini-dapat-nilai-tertinggi-di-sekolah-wTapGd7l4C.jpg Foto: Ruangguru

JAKARTA – Ujian Nasional (UN) masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar para siswa. Untuk itu, sekolah mengadakan berbagai kegiatan untuk mempersiapkan siswanya menghadapi Ujian Nasional mulai dari adanya tambahan jam pelajaran, hingga mengadakan tryout.

Namun, kali ini SMP Negeri 50 Jakarta tidak mengadakan Tryout seperti biasanya. Karena Ruangguru tengah menggelar Tryout Online Nasional gratis di sekolah tersebut. Tryout Online ini disambut gembira oleh para siswa karena menggunakan smartphone dan juga aplikasi dengan desain yang menarik.

Hana Latifa, salah satu peserta tryout yang berhasil meraih nilai tertinggi di sekolahnya yakni 72, mengaku telah berlangganan Ruangguru sejak dirinya masih duduk di kelas delapan. Hana mengatakan, nilainya mengalami peningkatan sejak berlangganan paket belajar di Ruangguru.

Foto: Ruang Guru

“Ruangguru ngebantu banget buat memahami pelajaran di kelas. Selain itu juga nilaiku meningkat, dari sewaktu di kelas delapan aku banyak dapat nilai 7, sekarang di kelas sembilan aku banyak dapat nilai 8 dan 9,” papar Hana.

Hana menambahkan, Ruangguru sangat kreatif dalam memberikan metode pembelajaran. Karena sebagian besar materi yang diberikan Ruangguru disajikan dalam bentuk video. Tak hanya video, Ruangguru juga menyediakan bank soal sebagai latihan para siswa guna menghadapi ujian.

“Video-video di Ruangguru sangat menarik karena dibuat dalam bentuk animasi. Jadi aku nggak ngerasa bosen kalau belajar dari aplikasi Ruangguru. Selain itu, belajar di aplikasi Ruangguru juga fleksibel banget, tinggal membawa smartphone, aku udah bisa belajar dari mana saja,” lanjut Hana.

Foto: Ruang Guru

Tak hanya dirasakan oleh para siswa, Kepala Sekolah SMP Negeri 50 Jakarta, Haida Sihombing juga ikut merasakan manfaat dari Tryout Online Nasional Ruangguru ini. Karena Selain memberi motivasi kepada siswa untuk menghadapi UN, Ruangguru juga membantu meningkatkan nilai siswa di sekolah.

“Alhamdulillah beberapa siswa kami yang memang sudah berlangganan paket belajar di Ruangguru memang mengalami peningkatan nilai. Dengan begitu siswa-siswi akan lebih siap menghadapi UN,” ujar Haida.

Haida berharap, baik dari pihak Ruangguru maupun pihak sekolah dapat terus melakukan kerjasama dalam memberikan persiapan untuk para siswa menghadapi UN. Terlebih, saat ini ujian nasional sudah berbasis komputer (UNBK).

Sementara itu, Field Education Consultant of Ruangguru Nur Aisiyah Fadhilah Putri menerangkan, tujuan digelarnya tryout agar siswa memiliki pengalaman, persiapan, dan untuk memaksimalkan nilai mereka nantinya. Sasaran tryout pelajar kelas 9 (SMP) tapi juga kelas 12 (SMA).

"Soal-soal di ruang uji Ruangguru berstandar HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jadi bener-bener dimiripin dengan soal-soal UNBK dan UTBK. Dengan begitu, anak-anak terbiasa menjawab soal-soal berstandar nasional," terangnya.

Antusiasme siswa terhadap tryout yang digelar ruangguru begitu tinggi. Apalagi besar anak-anak bahkan sudah mengenal ruangguru sejak lama. Ini dibuktikan dengan mereka sudah menginstal aplikasi Ruangguru di gawai masing-masing.

"Memang Ruangguru pernah visit ke sekolah ini, udah mengedukasi tentang UNBK juga, tapi untuk tryout, baru pertama kali ini," jelasnya. (adv)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini