nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sentimen Anti-Yahudi Meningkat di Australia, Victoria Larang Pemasangan Bendera Nazi

Kamis 16 Januari 2020 08:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 15 18 2153339 sentimen-anti-yahudi-meningkat-di-australia-victoria-larang-pemasangan-bendera-nazi-BR6wvp1k2Y.jpg Ilustrasi bendera Nazi. (Foto/Reuters)

MELBOURNE - Kepala Komisi Anti Penghinaan Terhadap Ras dan Agama Australia, Dvir Abramovich meminta pemerintah negara bagian Victoria untuk melarang pemasangan bendera atau simbol Nazi lainnya.

"Mereka menggunakan simbol Swastika untuk menggalang solidaritas mendukung rezim pembunuh Nazi dan hukum mendukung mereka," ujarnya merujuk pada pemasangan bendera apapun di Australia bukan tindakan ilegal melansir ABC Australia, Rabu 15 Januari 2020.

"Semua orang yang cinta negeri ini percaya dengan nilai-nilai yang menyatukan kita bersama, yaitu rasa hormat dan kebebasan, akan kecewa."

Perdana Menteri Negara Bagian Victoria, Daniel Andrews mengatakan pemerintah akan bertemu dengan kelompok masyarakat Yahudi.

Baca juga: Berpose Hormat Nazi, 30 Petugas Penjara Dipecat

Baca juga: Kanselir Angela Merkel: Jerman Harus Mengingat Kejahatan Nazi

Ia juga akan membuat laporan ke parlemen yang sedang menyelidiki semakin meningkatnya sentimen anti Yahudi di Australia saat ini.

"Sentimen Anti Yahudi sedang meningkat. Dan itu adalah fakta," kata Daniel.

"Hal yang sama sekali tidak bisa diterima, mengibarkan sesuatu yang menjadi simbol kebencian, dan bendera itu menjadi simbolnya," lanjut dia.

Bendera Nazi sebelumnya dikibarkan di sebuah rumah di kota Beulah, negara bagian Victoria, namun diturunkan setelah sejumlah warga mengecam pengibaran bendera tersebut.

Daniel mengatakan pengibaran tersebut adalah hal yang "menjijikan" dan menyerukan agar simbol Nazi dilarang dipertunjukkan di depan umum.

"Mereka yang mengibarkan bendera yang memalukan itu.. ini tindakan yang menjijikan," ujar Daniel.

"Bila mereka adalah orang yang beradab, maka akan segera menurunkan bendera tersebut," katanya.

Bendera tersebut bergambar Swastika dan simbol Nazi lainnya di rumah yang berlokasi di sebuah kota kecil, sekitar 360 kilometer dari Melbourne.

Simbol Nazi berasal dari jaman pemerintahan Jerman di bawah kepemimpinan Adolf Hitler saat Perang Dunia Kedua, dimana jutaan warga Yahudi dibantai oleh Jerman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini