Menristek: Kualitas SDM Developer dan Programer Harus Dikembangkan

Hambali, Okezone · Kamis 16 Januari 2020 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 65 2153602 menristek-kualitas-sdm-developer-dan-programer-harus-dikembangkan-RTV2TeqLqg.jpeg Menristek Bambang Brodjonegoro. (Foto: Okezone.com)

TANGERANG - Menteri Riset, Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, menyebutkan bahwa banyak posisi tenaga ahli pada bidang IT dan digital dikuasai Sumber Daya Manusia (SDM) asing.

Hal itu disampaikan Menteri Bambang usai menghadiri Apple Graduation 194 wisudawan lulusan Apple Developer Academy (ADA) di kampusnya, BSD Green Office Park, Tangerang.

Baca Juga: Industri Digital Butuh Ahli Coding, Menristek: Kita Dorong

"Indonesia masih kekurangan tenaga ahli, lebih banyak tenaga ahli asingnya. Oleh karena itu, keberadaan apple academy ini untuk merekrut SDM menggantikan tenaga asing tersebut," katanya.

Ke depan, jajaran Kemenristek dan BRIN berharap banyak agar Apple Academy juga tersebar di banyak wilayah Indonesia. Sehingga dengan begitu, sebaran mahasiswa dan lulusan Apple Academy bisa meningkatkan kualitas SDM lokal atas perkembangan digitalisasi dan startup.

Bambang Brodjonegoro Tekankan Pentingya Menciptakan Technopreneur  

"Yang menarik dari apple academy ini, mereka terbuka untuk siapa saja. Tentu kalau menyebar di berbagai tempat bisa membuka bakat-bakat bidang IT yang tersembunyi. Saya harap paling tidak di setiap pulau besar ada satu (Apple Academy). Saat ini kan di pulau Jawa sudah ada 2," jelasnya.

Tahun ini, ADA melahirkan 194 wisudawan yang telah mengikuti program beasiswa selama sepuluh bulan, sejak April 2019 hingga Januari 2020. Melalui program beasiswa ini, ADA berupaya mencetak lebih banyak SDM Indonesia yang memiliki kompetensi pengembangan aplikasi kelas dunia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini