Jadwal dan Cara Daftar SNMPTN 2020, Cek di Sini

Hairunnisa, Okezone · Kamis 16 Januari 2020 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 65 2153894 jadwal-dan-cara-daftar-snmptn-2020-cek-di-sini-nYctEHfHJL.jpg SNMPTN (Foto: Okezone)

JAKARTA - Waktu untuk para siswa kelas 12 SMA, MA, SMK, yang ingin melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dibuka.

Baca Juga: SNMPTN 2020, Ini Kampus Paling Banyak Serap Mahasiswa di Tahun Sebelumnya

Pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan jadwal pendaftaran SNMPTN yang akan dilaksanakan pada 14 - 27 Februari 2020.

"SNMPTN adalah salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki pergururan tinggi negeri (PTN). SNMPTN dilakukan bedasarkan hasil penulusuran hasil prestasi akademik dan non akademik," tulis akun instagram resmi Kementrian Pendidikan Republik Indonesia @kemdibud.ri, Kamis (16/1/2020).

Baca Juga: Fakta Registrasi SNMPTN 2020 yang Sempat Diperpanjang

Selanjutnya seleksi akan dilaksanakan pada 28 Februari hingga 3 April 2020 mendatang. Pengumuman akan dilangsungkan pada 4 April 2020.

Ternyata tidak semua siswa bisa mendaftar SNMPTN, nantinya setiap sekolah akan dibedakan jadi 3 golongan melalui akreditasi sekolah. Bagi sekolah yang akreditasi A maka akan menerima sebanyak 40% siswa terbaiknya, akreditasi B akan menerima sebanyak 25% siswa terbaik di sekolahnya, dan untuk akreditasi C hanya menerima sekitar 5% siswa terbaiknya saja.

Berikut adalah syarat dan ketentuan SNMPTN 2020:

1. Ketentuan Ikuti SNMPTN

Seperti dikutip dari situs SNMPTN pada 2 Desember 2019 lalu, adapun sekolah yang berhak menerima SNMPTN adalah:

- SMA / MA / SMK yang memiliki NPSN.

- Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Pendaftaran SNMPTN

1. Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2020 untuk melakukan pendaftaran.

2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

3. Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman.

4. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini