nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Belajar di Menit-Menit Terakhir Jelang Ujian

Irene, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 11:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 17 65 2154174 tips-belajar-di-menit-menit-terakhir-jelang-ujian-9uobGZeNbA.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Sebagian besar mahasiswa merasakan takut dan kewalahan saat ujian hampir di depan mata. Hal ini bisa disebabkan oleh perasaan kurang persiapan.

Pada akhirnya para pelajar hanya berharap dapat lulus ujian dengan belajar singkat semua pelajaran dengan waktu yang sedikit. Namun berdasarkan penelitian di Amerika Utara, diperkirakan lebih dari 70% siswa menunjukkan penundaan untuk belajar.

Baca Juga: Tips Tetap Prima Beraktivitas di Kampus meski Musim Hujan

Suatu hal yang lumrah untuk lebih bereaksi saat suatu hal baru akan terjadi, misalnya baru belajar di menit-menit terakhir mendekati ujian. Ini mungkin pilihan yang lebih baik dibanding harus bergadang semalaman untuk belajar alias sistem kebut semalam.

Melansir Study International, Jumat (17/1/2020), Okezone merangkum beberapa cara untuk kamu dapat menguasai cara belajar di menit terakhir mendekati ujian.

Kampus

1. Sesuaikan Lingkungan Belajar dengan Preferensimu

Lingkungan yang berbeda sebenarnya dapat membuat belajar jauh lebih efektif. Menempatkan diri di lokasi dimana orang lain juga bekerja keras dapat memotivasimu untuk belajar lebih baik. Namun demikian tetap ada faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih lokasi belajar. Jika kamu orang yang suka keheningan dan tidak ada gangguan, cobalah belajar di perpustakaan kampus.

Tetapi jika kamu lebih suka belajar dengan menghirup aroma-aroma kafein, kunjungi kafe favoritmu dan temukan tempat belajar yang nyaman. Tentukan tempat belajar dengan bijak. Penting juga untuk memilih tempat di mana anda tidak akan merasa kantuk.

2. Lewati Buku Pelajaran

Hal pertama yang selalu dijangkau orang saat belajar adalah buku pelajaran. Tetapi waktu terbatas tidak memungkinkan untukmu dapat menjelajahi bab hingga bab. Lewati cara ini dan fokuslah pada catatan yang kamu buat atau slide presentasi yang disiapkan oleh dosenmu.

3. Tahan Keinginan untuk Media Sosial

Akan lebih baik untuk beristirahat dan memberikan istirahat pada otakmu dari segala informasi. Kontrol pikiranmu dari hal-hal yang akan mengganggu fokus belajar.

4. Atur Waktu

Cara terbaik belajar di menit terakhir adalah untuk mengatur waktu dengan merencanakan format per jam. Mengatur waktu akan berkontribusi besar jika kamu terus dalam keadaan panik.

Baca Juga: Kuliah Libur, Simak Tips Mudik Aman bagi Mahasiswa Perantau

5. Baca dengan Lantang

Belajar dengan cara mengeluarkan suara dengan keras akan lebih mudah untuk pelajaran dapat masuk ke otakmu. Hal ini karena otak memberimu tiga rangsangan yaitu katakan, dengar dan baca. Jadi lebih baik untuk kamu tidak hanya belajar di dalam kepala, namun belajar dengan keras dan hindari area publik jika kamu bisa.

6. Jangan Panik

Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi penting sekali untuk menenangkan diri dan belajar, ini bukan saatnya untuk panik. Emosimu adalah bentuk gangguan ketika kamu belajar. Cukup tarik napas panjang dan dalam dan fokus pada tujuan. Jika kamu merasa stress saat belajar, beri waktu luang untuk istirahat sebelum kembali belajar. Otakmu perlu waktu rileks terutama ketika kamu harus memuat informasi dalam waktu singkat.

kampus

7. Tidur Nyenyak

Kamu harus benar-benar mencoba untuk mendapatkan istirahat malam yang baik. Bukan pilihan yang bijaksana bagimu untuk mengorbankan waktu tidur untuk belajar. Penelitian menunjukkan bahwa tidur selama enam jam dapat membantumu menghafal lebih banyak materi. Sedangkan kurang tidur dapat menyebabkan perasaan tertekan dalam dirimu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini