nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuan Ini Ciptakan Kopi Imitasi Tanpa Biji

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 16:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 65 2154393 ilmuan-ini-ciptakan-kopi-imitasi-tanpa-biji-USMllqAZyd.png Ilmuan Ciptakan Kopi Imitasi Tanpa Biji. (Foto: Okezone.com/VOA Indonesia)

JAKARTA - Kedai kopi di Amerika Serikat menciptakan kopi imitasi tanpa biji kopi dengan cita rasa yang sama seperti pada umumnya. Kopi ini dibuat oleh ilmuwan pangan yang merasa frustasi karena rasa kopi yang tidak konsisten.

Ilmuwan Pangan Jarret Stopforth memutuskan untuk meneliti dan melihat apakah bisa membuat kopi yang berasal dari atom tertentu. Dengan membuat kopi secara molekul agar rasanya sangat konsisten.

"Ketika Jarret mengatakan ingin membuat kopi tanpa biji kopi, saya pikir apa itu mungkin? Kenapa kita mau membuatnya dan bagaimana caranya?," ujar Andy, dilansir dari VOA Indonesia, Jumat (17/1/2020).

Baca Juga: Kenali Hewan Koala yang Viral Akibat Kebakaran Hutan Australia

Ide menganalisa biji kopi ini lahir dari garasi. Awalnya Andy Kleitsch salah satu pendiri toko kopi ini merasa skeptis, dia mengatakan apa itu mungkin?

"Ketika Jarret mengatakan ingin membuat kopi tanpa biji kopi, saya pikir apa itu mungkin? Kenapa kita mau membuatnya dan bagaimana caranya?," ujar Andy.

Cara membuatnya dengan menyendok kopi dan menggambarkan senyawanya. Lalu menghilangkannya hingga tidak terlihat seperti kopi.

Baca Juga: Warga Australia Bisa Tukar Uang yang Terbakar Akibat Kebakaran Hutan

"Mengambil kopi dan memetakannya semua senyawa, melihat dua senyawa, aroma dan komponen cairnya, kemudian diproses yang disebut pemodelan penghilangan, menghapusnya sampai bukan lagi kopi dan menambahkannya sampai kembali menjadi kopi"kata Jarret.

Penguji Cita Rasa Kopi Victoria Exton dalam uji pencicipannya membuat pilihan melawan seduhan kopi lain dengan menyukai kopi olahan tanpa biji kopi. Ia menerangkan rasa kopi ini lebih lembut.

"Rasanya sedikit lebih berisi. Lebih lembut juga, sedikit lebih lembut,"

Penguji Cita Rasa Kopi Matt Rhinehart menegaskan terkesan karena kopi bukan dari biji kopi. "Cukup mengesankan bahwa itu sebenarnya kopi tanpa biji kopi," imbuh Matt.

Kafe ini membuat kopi hanya saja tidak menggunakan biji kopi. Salah satu hal uniknya adalah dampaknya terhadap lingkungan yang mempunyai peran penting dalam menyedot karbondioksida penyebab pemanasan global dari atmosfer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini