nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Menteri PUPR Raih Gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa

Hairunnisa, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 07:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 18 65 2154817 fakta-menteri-pupr-raih-gelar-doktor-kehormatan-honoris-causa-ajOCOUcC7i.png Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia Basuki Hadimuljono baru saja dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa (HC) oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Kamis (16/1/2020) kemarin.

Dirinya mendapatkan gelar tersebut dalam bidang pengembangan, pembangunan dan pengelolaan infrastruktur, khususnya dalam bidang sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa.

Berikut ini okezone rangkum beberapa fakta menarik tentang fakta Menteri Basuki raih doktor honoris causa itb, Minggu (19/1/2020).

1. Tim Promotor meyakini Basuki telah menghasilkan karya nyata

Berdasarkan prestasi serta kontribusinya dalam bidang pembangunan, pengembangan dan pengelolaan infrastruktur di Indonesia, khususnya infrastruktur dalam bidang sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa, Tim Promotor Prof. Ir. Indratmo Soekarno, meyakini bahwa Basuki telah menghasilkan karya nyata, yang hasilnya telah dirasakan dalam peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia.

"Oleh karena itu, Tim Promotor berkesimpulan dan berkeyakinan bahwa Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono telah memenuhi ketentuan Senat Akademik ITB untuk menerima penghargaan gelar Doktor Kehormatan.

pemberian gelar Doktor Kehormatan ini, ITB berharap dapat mendorong masyarakat dan bangsa Indonesia untuk berprestasi dan memberikan sumbangan bagi pengembangan iptek, seni atau kemanusiaan," ujar dia.

2. Alasan Menteri PUPR Diberikan Gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa

Gelar Doktor yang diberikan ITB karena kepada Basuki memiliki peranan sangat penting dalam bidang infrastruktur sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa. Menteri Basuki dinilai telah berhasil menyelesaikan berbagai pembangunan infrastruktur yang sangat kompleks di dalam pelaksanaannya.

Menurut Ketua Tim Promotor, pembangunan infrastruktur ini selain meningkatkan pemerataan pembangunan dan mengurangi disparitas antarwilayah juga untuk meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan daya saing bangsa.

3. Menteri Basuki Main Drum Pakai Toga Wisuda

Setelah mendapatkan gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa (HC) oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam sidang terbuka pada Kamis 16 Januari kemarin, kini Basuki menunjukkan aksinya untuk bermain drum.

Menteri yang satu ini memang dikenal punya hobi bermain drum. Namun aksi yang ditampilkan kali ini sangat menarik karena saat menabuh drum, dirinya menggunakan baju wisuda dan toga berwana biru.

"Orasi Ilmiah Ngedrum, Pakai toga," tulis akun twitter resmi Kementrian PUPR @KemenPU, Kamis (16/1/2020).

(kmj)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini