nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips agar Tidak Stres Menghadapi Ujian, Bikin Jadwal Belajar

Hairunnisa, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 18 65 2154821 tips-agar-tidak-stres-menghadapi-ujian-bikin-jadwal-belajar-ImC5eR6iTF.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mungkin kamu bukan satu-satunya mahasiswa yang mengalami stres saat akan menghadapi ujian akhir semester. Rata-rata semua mahasiswa pernah mengalami ini.

Alasan yang membuat mahasiswa stres adalah hasil atau nilai dari ujian tersebut. Akan tetapi, ujian ini tidak harus di buat stres.

Melansir dari princetonreview, berikut ini adalah 7 strategi belajar yang mungkin dapat membantu kamu agar tidak stres, Sabtu (18/1/2020).

1. Berani untuk bicara pada Dosen

Seminggu sebelum melaksanakan ujian, kamu lebih baik bertanya kepada dosen terkait kisi-kisi ujian, lalu meminta saran bagaimana cara meningkatkan nilai.

2. Buat jadwal belajar

Buatlah daftar topik atau jenis pertanyaan apa yang perlu kamu pelajari dan kapan kamu akan membahasnya. Pastikan belajar dari sekarang hingga ujian tiba.

3. Siap belajar? Mulailah dengan catatan

Jika soal ujian mewajibkan kamu untuk belajar mengulang materi selama satu semester maka kamu perlu buka catatan kembali seperti soal-soal kuis yang sudah dinilai.

4. Bentuk kelompok belajar

Ini merupakan ide bagus untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk membantu membahas soal ujian, melengkapi catatan, dan mengerjakan tugas-tugas lain.

5. Istirahat

Istirahat sangat penting untuk mempertahankan apa yang telah kamu pelajari dan menjaga fokus dari otak. Tidak peduli seberapa keras kamu belajar, pastikan untuk menyematkan waktu mengambil camilan dari dapur atau keluar rumah sejenak. Cobalah belajar di perpustakaan umum, di kedai kopi, atau di rumah teman belajar untuk perubahan.

6. Jaga waktu tidur

Tidur adalah kunci dari sebuah kesuksesan. Mulai rutinitas tidur yang sehat dalam minggu-minggu menjelang ujian dengan waktu yang cukup sehingga kamu dapat menuai manfaat dari pikiran segar pada hari ujian.

7. Tetap positif

Gugup saat mendekati ujian itu adalah hal yang biasa. Rencana fokus belajar, di pagi yang tenang adalah rencana terbaik kamu.

(Baca Juga: Sulitnya Ubah Sistem Pendidikan dalam Waktu Singkat, Nadiem Makarim: Saya Minta Maaf)

(kmj)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini