Ujian Akhir, Tips Hindari Sistem Kebut Semalam bagi Mahasiswa

Hairunnisa, Okezone · Minggu 19 Januari 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 19 65 2155044 ujian-akhir-tips-hindari-sistem-kebut-semalam-bagi-mahasiswa-QBpByA3Kra.jpg Ilustrasi Mahasiswa. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Usai libur Natal dan Tahun Baru 2020, mahasiswa dihadapkan dengan ujian akhir semester atau sering disebut dengan UAS. Kesiapan menjelang ujian sangat menentukan hasil akhir nantinya.

Mengingat banyak sekali materi yang harus dipelajari kembali selama 6 bulan, biasanya membuat mahasiswa stres karena banyak yang mesti diingat. Jalan singkat untuk menguasai materi perkuliahan dengan sistem kebut satu malam (SKSM).

Baca Juga: Tips Buat CV saat Lamar Kerja, Keterampilan Jadi Kuncinya!

Dosen Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidyatullah Jakarta Ilmi Amalia tidak menyarankan mahasiswa belajar dengan sistem kebut semalam karena hasilnya kurang maksimal. Supaya tidak terbebani, sebaiknya setiap mahasiswa membuat manajemen waktu pembelajaran yang baik.

"Dari awal kuliah harus bisa memanajemen waktu dengan lebih baik, agar belajar tidak sistem kebut satu malam," ungkap Ilmi Amalia kepada Okezone, Minggu (18/1/2020).

Baca Juga: Ini Cara Buat Resume saat Melamar Kerja, Fresh Graduate Wajib Simak!

Kemudian agar bisa mejawab soal ujian tanpa sistem kebut satu malam, tips dengan menyiapkan materi-materi mata kuliah yang akan diujikan.

“Saat melaksanakan ujian bisa menjawab soal dengan baik menjaga tubuh agar tetap sehat. Kemudian siapkan materi dengan baik,” ujarnya.

Lalu supaya terhindari dari sistem kebut semalam dengan membuat nyaman kegiatan belajar selama kuliah. Di samping itu, kaitkan materi kuliah dengan kehidupan sehari-hari atau manfaatnya agar lebih mudah paham.

“Kita juga harus punya keyakinan diri bahwa, bahwa saya pasti bisa atau mampu,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini