Lulus Sarjana Bingung Mau Ngapain? Rektor UB: Lanjutkan Pendidikan

Hairunnisa, Okezone · Senin 20 Januari 2020 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 20 65 2155464 lulus-sarjana-bingung-mau-ngapain-rektor-ub-lanjutkan-pendidikan-t3MBwNZtep.png Lulus Kuliah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Setelah lulus kuliah, biasanya para sarjana bingung apa yang akan dikerjakan. Terkadang menunggu panggilan kerja tidak secepat yang diharapkan.

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR.,M.S. berpesan agar lulusan sarjana bisa segera melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Langkah tersebut ditempuh untuk meningkatkan karier.

Pesan tersebut diucpakan di hadapan 1.063 wisudawan dan orangtua saat Sidang Senat Terbuka Wisuda UB Periode VII Tahun Akademik 2019/2020.

Baca Juga: Kampus Khusus Putri di India Pelajari Ilmu Panen Energi

"Selamat menempati kehidupan baru semoga kalian semua sukses meniti karier. Jagalah nama baik almamater tercinta," kata Prof. Nuhfil, seperti dikutip dari laman UB, Senin (20/1/2020).

Melanjutkan sekolah pascasarjana setelah rampung menempuh pendidikan S1 memiliki banyak manfaat. Berikut ini seperti dirangkum okezone dari Top Universities.

1. Meningkatkan prospek karier lulusan

Seseorang dengan gelar pascasarjana akan lebih menonjol dibandingkan dengan lulusan sarjana. Hal ini karena lulusan pascasarjana mempunyai pengetahuan yang lebih banyak dibandingkan dengan lulusan sarjana. Dengan potensi ini, kemungkinan untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi cukup besar. Kamu juga dinilai lebih profesional saat sudah melanjutkan sekolah S-2. Saat harus bersaing dengan lulusan sarjana, tentu kamu akan lebih dipertimbangkan untuk posisi yang lebih tinggi.

Baca Juga: Universitas Brawijaya Siap Terima 14.000 Maba di 2020

2. Jika sudah bekerja, karier kamu akan naik tingkat

Kamu akan memperoleh promosi lebih cepat saat lulus pada jenjang pascasarjana. Kemampuan kamu sudah tidak bisa dianggap remeh lagi. Dengan cara ini, bagi kamu yang sudah bekerja dapat menunjukkan kepada bos bahwa kamu sangat serius terhadap kemajuan karier tersebut.

3. Investasi pengembangan diri sendiri

Ini adalah manfaat tidak bisa diremehkan. Dengan gelar pascasarjana, kamu dapat mengembangkan keterampilan yang akan mendukung dalam kehidupan sehari-hari, seperti manajemen waktu, meneliti, presentasi dan keterampilan menulis. Namun, hal ini tergantung pada bidang keahlian kamu. Kamu dapat bekerja sama dengan orang-orang yang juga memiliki latar belakang pendidikan yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini